Capres Peraih Suara No.3 Sinan Ogan Alihkan Dukungan ke Erdogan di Putaran Dua

[PORTAL-ISLAM.ID]  ANKARA – Capres Sinan Ogan yang meraih dukungan 5,17 persen suara pada putaran pertama Pilpres Turki secara resmi memberikan dukungan pada pejawat Presiden Recep Tayyip Erdogan, Senin (22/5/2023). 

"Setelah mempertimbangkan secara mendalam, saya umumkan akan mendukung capres dari People’s Alliance, Recep Tayyip Erdogan, pada putaran kedua pilpres. Saya juga menyeru kepada pemilih saya untuk memberikan suara kepada Erdogan," katanya.

Dukungan Ogan disampaikan dalam konferensi pers di Ankara. 

Pengumuman ini muncul sepekan menjelang putaran kedua Pilpres Turki pada 28 Mei mendatang. 

Putaran kedua akan menentukan apakah Erdogan atau capres oposisi Kemal Kilicidaroglu akan memegang tampuk kepemimpinan di Turki lima tahun mendatang. Pada putaran pertama, 14 Mei lalu, Erdogan meraih 49,52 suara, Kilicdaroglu 44,88 suaran, dan Sinan 5,17 persen. 

Ultra-nasionalis Sinan Ogan mengumumkan dukungannya dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Senin.

"Pertemuan kami dengan Presiden (Erdogan) berlangsung dengan kenegarawanan dan saling menghormati," kata Ogan. "Sebagai hasil dari negosiasi dan konsultasi serta pesan dari akar rumput ini, saya menyatakan bahwa kami akan mendukung presiden."

Ogan mengatakan dia ingin mendukung stabilitas negara Turki, mengutip mayoritas yang dimenangkan di parlemen oleh aliansi yang dipimpin Erdogan.

Dia menambahkan bahwa kebijakan industri pertahanan negara harus dilanjutkan, dan Organisasi Negara Turki - aliansi negara-negara Turki - harus didukung. Dia juga mengatakan bahwa pemerintah perlu mengatasi jumlah pengungsi yang berada di Turki dan meninjau kembali kebijakan suku bunganya.

Sinan Ogan, mantan akademisi, merupakan kandidat koalisi partai sayap kanan yang dipimpin Victory Party. Mereka dikenal dengan sikap antiimigran. Erdogan menegaskan, dukungan kepada dia pada putaran kedua akan membuahkan stabilitas. 

Pekan lalu, pihak oposisi Turki mengatakan kepada MEE bahwa mereka mengharapkan Ogan memberikan dukungannya kepada Kilicdaroglu dalam pernyataan publik pada hari Jumat. Namun, setelah bertemu dengan Erdogan di hari yang sama, dia dianggap berubah haluan.

Para pengamat memperkirakan, "dukungan Ogan bakal memberikan tambahan amunisi bagi Erdogan tetapi juga bisa membelah pendukung capres urutan ketiga tersebut." Menurut Aljazirah, The Victory Party pada Selasa akan mengumumkan sikapnya. 

Hasil Pilpres Turki Putaran Pertama:
(Sumber: MEE)
Baca juga :