Fadli Zon: Prabowo Diuntungkan Jika Pilpres 3 Pasang

[PORTAL-ISLAM.ID]  Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan Ketua Umum Prabowo Subianto ibarat jalan tengah di antara sosok-sosok yang mencuat sebagai calon presiden, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta bekas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Dia menjelaskan, Prabowo merupakan sosok yang bisa diterima oleh semua pihak, baik kanan maupun kiri.

“Jalan tengah itu menurut saya jalan yang bisa diterima oleh semua pihak. Artinya baik kanan maupun kiri,” kata Fadli di kawasan Jakarta Selatan, Ahad, 23 April 2023.

Sebelumnya pada Jumat, 21 April 2023, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres usungan partainya. Ganjar, dalam pidatonya, sudah menyatakan bakal meneruskan program Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Di sisi lain, sosok Anies kerap disebut-sebut sebagai antitesa Jokowi. PDIP sebelumnya kerap mengkritik Anies sebagai sosok yang bertolak belakang dengan Jokowi berkaca dari program yang dijalankan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Adapun Fadli menjelaskan, situasi dan kondisi Indonesia saat ini membutuhkan sosok Prabowo sebagai pemimpin. Sebagai sosok yang berada di jalan tengah, kata Fadli, Prabowo punya peluang sangat besar mendapatkan dukungan rakyat.

Oleh sebab itu, saat Jokowi menyebut Prabowo berpeluang jadi cawapres Ganjar, Fadli menyebut Gerindra tetap berkukuh menjagokan Prabowo jadi capres. Menurut dia, peluang Prabowo memenangkan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 sangat besar.

“Pak Prabowo ini seperti jalan tengah. Sebagai jalan tengah, ya saya kira mempunyai peluang sangat besar mendapatkan dukungan dari rakyat,” kata Fadli.

Sebelumnya, Jokowi menyebutkan sejumlah nama yang cocok sebagai cawapres Ganjar. Di antaranya Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Mahfud MD, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Yang cocok banyak. Ada Pak Erick, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud MD, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin, dan Pak Airlangga," kata Jokowi saat ditemui usai salat Idul Fitri di Solo, Sabtu, 22 April 2023.

Saat ditanya nama lain, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Jokowi pun mengiyakan. "Nah iya, Pak Prabowo nanti juga segera saya ketemu," kata Jokowi.

Menanggapi peluang sebagai cawapres Ganjar, Prabowo menegaskan dirinya diusung oleh partainya sebagai capres. Dia menjelaskan, Partai Gerindra sudah cukup kuat menjagokannya sebagai calon RI 1.

“Partai saya mencalonkan saya sebagai capres, dan partai saya agak kuat juga sekarang," ucap Prabowo usai bertemu dengan Jokowi di kediaman Presiden, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Sabtu siang.

Baca juga :