TERE LIYE: Dan Israel dibiarkan main bola di tanah Indonesia? Kamu benar-benar tidak paham sejarah

[PORTAL-ISLAM.ID] Menteri Keuangan Israel ini dengan gagah bilang: "Apakah ada sejarah dan budaya Palestina? Tidak ada yang namanya rakyat Palestina. Musnahkan saja kotanya."

Pernyataan ini sangat mengerikan. Israel memang hanya punya satu misi: menghabisi setiap jengkal Palestina. Hilangkan negaranya, hilangkan rakyatnya, hilangkan budaya, semuanya.

Coba kalau Rusia yang bicara soal ini, bilang Ukraina itu tdk ada. Maka, Amerika, Eropa, Nato, dkk akan mengirim senjata ribuan trilyun. Habiskan. FIFA dan UEFA bergegas mem-ban Rusia, Timnas, Klub, semuanya.

Standar ganda di dunia hari ini sangat menjijikkan.

Dan Israel dibiarkan main bola di tanah Indonesia? Kamu benar2 tidak paham sejarah. Kamu tidak tahu Soekarno pernah menolak mentah2 bertanding melawan Timnas Israel. Bola memang bukan politik, olahraga tidak bisa dicampurkan dgn politik. Tapi nilai-nilai kemanusiaan jauh lebih penting.

Mau apapun argumentasinya, Israel jelas adalah penjajah. Persis seperti Belanda, Portugis, Jepang, Inggris, yg dulu menjajah Indonesia. Bangsa penjajah sih tidak pernah merasa menjajah, bahkan di Indonesia sendiri, banyak pribumi yg belain penjajah ini. Pribumi yg lapor lokasi persembunyian pejuang, dll. Menjilat ke penjajah, ikut menyerang saudara sendiri. Apalagi soal penjajah Israel ini, banyak pendukungnya--dgn segala alasannya.

Belajarlah sejarah. Biar pintar dikit.

Bahwa adalah bangsa Palestina salah-satu bangsa yg mengakui kemerdekaan Indonesia di awal2 tahun 1945 dulu. Bangsa Palestina mendukung kemerdekaan Indonesia. Bukan Israel.

*Tere Liye
Baca juga :