Wakil Hamas Bertemu Dubes Indonesia di Lebanon

[PORTAL-ISLAM.ID]  BEIRUT - Wakil Hamas di Libanon, Ahmad Abdul Hadi membahas perkembangan yang dilalui persoalan Palestina dengan Dubes Indonesia di Libanon, Hajriyanto Y Thohari di kantor Kedubes RI di Beirut.

Dalam rilisnya (1/2/2023) biro media Hamas di Libanon menyebutkan, dalam pertemuan ini turut hadir pejabat biro politik dan media Hamas Abdul Majid Iwad, dan memaparkan kondisi rakyat Palestina di Libanon.

Kedua pihak membahas beragam perkembangan yang dilalui persoalan Palestina, terutama di tengah pembentukan kabinet ultra kanan Israel dan prilaku para menterinya, dimana mereka berupaya menghabisi konstitusi bangsa Palestina dan menghilangkan hak-haknya secara nasional.

Wakil Hamas memaparkan tantangan berbahaya yang ditimbulkan oleh kebijakan pemerintahan zionis ini, baik terkait Al-Quds, Al-Aqsha dan para tawanan Palestina, serta rencana permukiman dan aneksasi wilayah Tepi Barat, mengincar bangsa Palestina di wilayah jajahan 48, di samping blockade Gaza dan meningkatnya kejahatan terhadap para tawanan Palestina di penjara Israel.

Abdul Hadi menegaskan pentingnya menghadapi kecenderungan agresif Israel ini, dengan satu sikap nasional bersatu.

Wakil Hamas ini menjelaskan kepada Dubes Indonesia terkait kondisi pengungsi Palestina di Libanon, dan menegaskan komitmen pengungsi terhadap hak kepulangan ke Palestina, dan menolak proyek pemindahan kewarganegaraan, dan meminta negara Libanon untuk memberikan fasilitas bagi para pengungsi agar bisa hidup mulia hingga saat tiba waktunya untuk kembali ke Palestina.

*Berdasarkan data Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) mencatat kemiskinan telah mencapai 93 persen di antara sekitar 210 ribu warga Palestina di 12 kamp pengungsi Lebanon dan dalam kondisi hidup yang penuh sesak di luar kamp. Menurut UNRWA, 180 ribuan adalah warga Palestina yang telah tinggal di Lebanon selama beberapa dekade, sementara sekitar 30 ribu tiba dari Suriah sejak perang pecah. Ada puluhan ribu lainnya yang belum terdaftar oleh UNRWA tetapi diyakini tinggal di Lebanon.

Sementara itu Duta Besar Indonesia untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari menyambut hangat kedatangan delegasi Hamas, dan menegaskan sikap Indonesia yang terus mendukung perjuangan bangsa Palestina dan persoalannya secara adil, serta mengutuk segala bentuk pelanggaran zionis terhadap hak Masjidil Aqsha, dan memaparkan penolakannya terhadap kejahatan zionis terhadap bangsa Palestina. 

*CATATAN: Sebelum diangkat menjadi Dubes RI untuk Lebanon Hajriyanto Yasin Thohari merupakan Ketua PP Muhammadiyah. Di PP Muhammadiyah Hajriyanto adalah ketua yang membidangi MPM, MDMC dan Lazismu.

Hajriyanto Y Thohari dilantik sebagai Duta Besar RI untuk Lebanon oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Senin, 7 Januari 2019.

[PIP]
Baca juga :