Taliban Tembak Mati Panglima Perang ISIS-K Dalam Penyergapan di Kabul

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pasukan keamanan Taliban atau Imarah Islam Afghanistan (IIA) membunuh dua anggota kelompok militan Islamic State Khurasan Provience (ISIS-Khurasan/ISKP) dan menahan satu orang lainnya dalam penyergapan di Ibu Kota Afghanistan, Kabul. salah satu militan yang tewas adalah panglima perang ISKP, ungkap juru bicara IIA, Senin (27/2/2023).

Menurut juru bicara IIA Zabihullah Mujahid, seperti dilansir VOA (27/2/2023), operasi yang disertai ledakan dan tembakan itu dilakukan di lingkungan pemukiman penduduk Kher Khana. Menurutnya, wilayah tersebut kerap dijadikan tempat persembunyian dan perencana serangan oleh militan ISKP.

Panglima perang ISKP yang tewas diduga bernama Qari Fateh Bajauri atau Abdul Latif yang berasal dari distrik Chaparhar, Provinsi Nangarhar.

Dalam laporan Tim Pemantau DK PBB Mei 2022, Qari Fateh tercatat sebagai kepala operasi militer ISKP. Sebelumnya, ia memimpin Katiba Fatah pada masa Sayeed Orakzai. Belakangan, Aslam Farooqi mengangkatnya sebagai penanggung jawab intelijen ISKP sebelum posisinya yang sekarang.

Belum ada pernyataan dari ISKP terkait serangan itu.

ISKP diketahui telah melakukan beberapa serangan bom mematikan dan serangan lainnya di Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir, dengan menarget kedutaan besar Rusia dan Pakistan dan sebuah hotel yang dikelola Cina di pusat kota Kabul.

Seorang pembom bunuh diri ISKP meledakkan dirinya di luar kedutaan Rusia September lalu. Kemudian, pada bulan Desember, kepala diplomat Pakistan selamat dari upaya pembunuhan oleh seorang pria bersenjata yang diduga dari kelompok militan itu. Serangan tersebut terjadi hanya beberapa hari sebelum dua pria bersenjata ISKP menyerbu dan melukai lima tamu hotel dari Cina di Kabul. (arrahmah)
Baca juga :