Cinta Lama Bersemi Kembali, Esemka dan Jokowi Bakal Reuni di IIMS 2023

[PORTAL-ISLAM.ID]  Penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) mengungkap telah mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka pameran yang akan berlangsung 16-26 Februari di Jakarta. Orang nomor satu di Indonesia ini kemungkinan bakal reuni dengan Esemka, merek lokal yang pernah dekat dengannya.
Namun status kedatangan Jokowi ke pameran yang berlangsung di Kemayoran, Pusat tersebut dikatakan masih belum bisa dipastikan.

Rudi MF, Project Manager IIMS 2023, mengatakan kepastian kehadiran Jokowi baru akan diperoleh H-1 sebelum acara.

"Untuk final apakah akan hadir, biasanya kami dapat kabar H-1," kata Rudi melalui pesan singkat, Kamis (9/2).

Ia mengatakan pejabat yang sejauh ini terkonfirmasi hadir di pembukaan IIMS 2023 baru dua, yakni Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Kehadiran Jokowi pada IIMS 2023 tentu akan menjadi sesuatu yang menarik, mengingat pameran kali ini bakal diikuti merek otomotif asal Boyolali, Jawa Tengah, Esemka.

Pertumbuhan Esemka selalu berkaitan dengan politik dan Jokowi.

Mobil Esemka sempat digunakan Jokowi dalam perjalanan dari Solo ke Jakarta saat ikut Pilkada DKI Jakarta 2012.

Pamor Esemka kemudian meredup ketika Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI. Namun, Esemka kembali meroket ketika Jokowi kampanye menjadi Presiden pada 2014.

Tapi lagi-lagi nama Esemka kembali timbul tenggelam. Baru pada 2019 Esemka kembali muncul, kali ini dengan kemajuan serius yakni mendirikan pabrik dengan investasi Rp600 miliar di Boyolali.

Tak hanya itu Esemka juga merilis mobil pertama untuk pasar Indonesia yang masuk ke dalam segmen pikap, Bima.

Dari sana, nama Esemka kembali surut. Baru tahun ini Esemka berencana kembali muncul ke publik melalui IIMS 2023.
Baca juga :