TANGGAPAN Untuk Pembela Mixue: "Emang kalau belum halal berarti haram? Nggak juga kan? Kan nggak ada babi dan alkoholnya"

KEHALALAN MIXUE PART 2

Oleh: Arie Karimah
(Pharma-Excellent, Alumni ITB)

Karena saya melihat banyak tulisan yang membela Mixue: "Emang kalau belum halal berarti haram? Nggak juga kan? Kan nggak ada babi dan alkoholnya".

Mixue sudah mengurus sertifikat halal di MUI sejak 2021.

➡️ Gue: Emang setiap orang boleh seenaknya "menghalalkan" produk skala internasional yang datang dari jarak ribuan kilometer, sementara dia sendiri juga nggak tahu persis komposisinya? Cemana? Coba kalian jawab itu.😉😉.

Let me open up your mind (Ijinkan saya membuka pikiran Anda):

👉Di China itu juga ada sertifikasi halal. Jadi SEANDAINYA pun beneran mereka sudah mengurus sertifikatnya sejak 2021, tapi saya tidak yakin karena tidak ada buktinya, kenapa mereka tidak mengurus sertifikat itu di Zhengzhou, China (HQ mereka) ketika memutuskan hendak memasuki market Indonesia, yang mayoritas penduduknya beragama Islam? Bukankah itu bisa jadi "emergency exit" menunggu sertifikat halal dari MUI?

Bukankah definisi halal berlaku sama di seluruh dunia? Dan jaminan, bukan sertifikat, halal itu sudah menenangkan mereka yang mempertanyakan kehalalan Mixue. Ye kaaaan?😉

📌 Sebagai pelaku bisnis saya yakin mereka BERTANYA ketika mendaftarkan produknya untuk mendapat sertifikat halal di MUI: BERAPA LAMA prosesnya? 

JIKA mereka pikir itu akan memakan waktu terlalu lama, berpikir out of the box dong. Lakukan pengujian sekunder di lembaga / institusi yang mampu menguji kehalalan es krim. 

Tuh contohnya di bawah (lihat screenshot di bawah). Berapa hari? Lihat saja sendiri. Mosok sudah punya 360 outlet kagak bisa ngurus double sertifikat halal sih sebagai backup.....

Ngurus sertifikat sejak 2021? Gede banget ndobosnya...🤣🤣🤣

👉 Ternyata di China saja ada pelabelan halal untuk susu, karena yang bersertifikat halal menurut mereka KUALITASNYA LEBIH BAIK. Nah lho. Salah satu komponen Mixue kan susu juga? 😉😉. Halal nggak itu? 😁😁

Selain itu, seperti tulisan saya sebelumnya, di China emulsifiers (yang dikandung Mixue) juga perlu dicek KEHALALANNYA, karena ada kemungkinan mengandung remahan atau turunan babi (lihat screenshot di bawah).

Cemana, sudah tercerahkan belum? 😉.

Dan berma'mumlah kepada orang yang berilmu.👍👍

(5 Jan 2022)

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇