SUNGGUH MIRIS... Antara Jor-joran Proyek IKN dengan Banjir JATENG, Pemerintah “Hanya Lihat-Lihat”

[PORTAL-ISLAM.ID] Laporan investigasi ⁦⁩tentang banjir Jawa Tengah yang baru (masih) saja terjadi. 

"Rasanya sakit hati saat baca segitu banyak infrastruktur dan kemudahan untuk IKN, tapi di saat bersamaan orang biasa di Pesisir Jateng kehilangan aset & tdk terlindungi." [Elisa @elisa_jkt'

***

Laporan Investigasi
Banjir Jawa Tengah
Akhir 2022 – Awal 2023: 
Pemerintah “Hanya Lihat-Lihat”

Tentang laporan ini:

Laporan ini adalah “investigasi” terhadap banjir yang melanda Jawa Tengah pada akhir 2022 – awal 2023. Laporan ini dibuat oleh Koalisi Maleh Dadi Segoro (MDS) dengan dikerjakan oleh Tim Kerja yang terdiri dari: (1) Eka Handriana; (2) Bagas Kurniawan; (3) Risal Ubaidillah; (4) Bagas Yusuf Kausan; (5) Iqbal Alma Ghosan Altofani; (7) Bosman Batubara; (8) Masnuah; (9) Cornel Gea; (10) Arip Syamsuddin; (11) Fajar M Andhika; (12) Nurlaely Yuniati; dan (13) Mila Karmilah. Laporan ini kami (Tim Kerja) kerjakan sebagai bentuk partisipasi kami sebagai rakyat dalam mengurus kehidupan bersama.

Laporan ini dikerjakan sebagai satu bentuk dokumentasi banjir yang kritis. Namun ia tidak diniatkan sebagai satu laporan yang menyeluruh terhadap peristiwa banjir Jawa Tengah akhir 2022 – awal 2023. Pemerintah, menurut kami, adalah pihak yang paling bertanggungjawab untuk menyusun laporan yang lebih menyeluruh dan dapat diakses oleh masyarakat, bukan laporan-laporan singkat berupa konten-konten media sosial atau liputan media arus utama.

Situasi sekarang ini, mengikuti penjelasan dari salah seorang korban banjir yang kami temui dan kutip dalam laporan ini, memperlihatkan bahwa kalaupun pemerintah datang ke lokasi banjir, mereka hanya “lihat-lihat” sambil sibuk melakukan dokumentasi untuk konten kampanye di media sosial. Semoga laporan ini berguna.

Jawa Tengah, Januari 2023
Kontak:
@banjir_semarang


Baca juga :