STY Tak Bisa Disalahkan

STY Tak Bisa Disalahkan

Oleh: Seno Widihardjo

Park Hang Seo adalah pelatih kesebelasan Vietnam. Sama seperti Shin Tae Yong (STY) dia juga berasal dari Korea Selatan. 

Sejak dilatih Park Hang Seo kualitas permainan kesebelasan Vietnam menampakkan perubahan signifikan. 

Kami menilai Park Hang Seo telah berhasil memadukan antara ilmu sepakbola Korea dengan semangat juang Vietnam

Memasuki tahap semi-final piala AFF adalah kesebelasan Vietnam yang paling mungkin akan dihadapi timnas Indonesia. 

Sebelum itu terjadi banyak pengamat sepakbola yang meragukan kemampuan Asnawi Mangkualam Cs. Karena pada fase grup meski menang dari lawan lawannya, secara kualitas permainan sepakbola kesebelasan kita mengkhawatirkan. Kelemahan yang diderita oleh squad Garuda seperti yang sering dikeluhkan oleh sang coach STY adalah mental dan fisik stamina.

Sepakbola adalah permainan yang bertumpu pada kerjasama. Tetapi sayang mental individual pemain kita belum bisa dihilangkan. Terbukti pada tahap penyelesaian akhir suatu serangan lebih suka memaksakan aksi individu ketimbang kerjasama untuk gol yang akan tercipta. 

Belum lagi pemain kita kurang berani beradu fisik dalam perebutan bola. Apa yang tak dimiliki oleh timnas kita justru sangat apik dimiliki oleh squad Vietnam.

Tulisan ini hanya mengajak para pecinta squad Garuda untuk tidak menimpakan kekurangan yang ada pada sosok Shin Tae Yong. Karena mental karakter pemain bola kita telah lama terbangun di klub masing-masing.

Menghadapi Vietnam jangan ada komentar miring kepada anak asuh Park Hang Seo karena lebih pandai berolah bola dan lebih lihai bertipu daya karena hakikatnya bukan kah perang itu tipu daya?

(fb)