Khofifah-Andika-Yenny Wahid, Masuk Kandidat Cawapres Anies

[PORTAL-ISLAM.ID] Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah sibuk mematangkan rencana Koalisi Perubahan sekaligus membahas pendamping calon presiden Anies Baswedan.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan ada sejumlah nama yang muncul di meja perundingan, yakni Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY yang diusulkan Partai Demokrat dan Ahmad Heryawan alias Aher yang disodorkan oleh PKS. 

Selain itu, ada nama dari eksternal seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bekas Panglima TNI Andika Perkasa, dan putri Presiden Gus Dur Yenny Wahid.

“Jagonya Partai Demokrat AHY, jagonya PKS Aher, dari internal NasDem kayanya nggak ada. Tapi kita kan cenderung memilih non-partai, ada sejumlah nama-nama Khofifah, Andika, Yenny Wahid,” kata Hermawi kepada Tempo, Jumat, 6 Januari 2023.

Kendati demikian, Hermawi menegaskan partainya tetap menyarankan Anies memilih sendiri calon wakilnya. Sehingga, masih ada kemungkinan cawapres Anies merupakan sosok di luar nama-nama tersebut.

“Nama-nama di atas kan hanya nominasi partai, bukan keputusan. Jadi akan dirundingkan bersama-sama,” kata dia.

 Adapun penggawa ketiga partai dijadwalkan bersua dalam waktu dekat. Pertemuan ini bakal menghadirkan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY, dan Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf.

Hermawi menjelaskan, pertemuan ini ditujukan untuk membahas finalisasi deklarasi koalisi. Tak hanya itu, dia menyebut pendamping Anies Baswedan tak luput dari bahasan pertemuan ini. 

“Membahas finalisasi deklarasi, calon wakil presiden, dan lain-lain,” kata dia.

Adapun ihwal momentum deklarasi, Hermawi menyebut jadwal deklarasi bersama masih menunggu kepulangan Surya Paloh dari luar negeri. Paloh berada di Jerman sejak Desember 2022 untuk menjalani pengobatan. 

"Masih menunggu Pak SP balik dari luar negeri segera. (Tanggal pasti deklarasi bersama) bos-bos itu yang akan menentukan," kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan sosok pendamping Anies dibahas lebih mendalam dan detail oleh tim kecil ketiga partai. Menurut dia, pertemuan Surya, SBY, dan Salim bakal membahas isu-isu kebangsaan dan kenegaraan serta rencana koalisi ke depan.

“Kalau level pimpinan tertinggi sepertinya lebih ke arah isu-isu kebangsaan dan kenegaraan saat ini dan rencana koalisi kedepan seperti apa,” kata Kholid kepada Tempo, Jumat, 6 Januari 2023.

Kendati demikian, Kholid berharap bahasan tim kecil tuntas di bulan ini. “Kami berharap Januari ini tuntas ya, pembahasan di tim kecil. Semoga Januari ada kesepakatan yang terbaik,” ujarnya.

[Sumber: TEMPO]