KEUTAMAAN BULAN RAJAB

[PORTAL-ISLAM.ID]  Hari ini 1 Rajab 1444 H (23 Januari 2023) berdasarkan hasil rukyatul hilal dan hisab. 

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Bulan Rajab merupakan salah satu dari keempat bulan Asy-hurul Haram (Bulan Haram) yang dimuliakan oleh Allah SWT. Keempat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT yakni Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: 

رَجَبٌ شَهْرُ اللهِ وَشَعَبَانُ شَهْرِيْ وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِيْ

"Rajab adalah bulannya Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulannya umatku. (Jami'ul Ahadits, hadits nomor: 12682).

Karena itu dianjurkan bagi setiap Muslim untuk memperbanyak zikir, puasa sunah, dan berdoa ketika memasuki bulan Rajab. Di antara doa yang dianjurkan dibaca saat memasuki bulan Rajab adalah sebagai berikut: 

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا في رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنا رَمَضَانَ

"Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban. Sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan."

Dalam kitab Al Ghunyah, Syekh Abdul Qadir al Jilani menjelaskan bahwa sayidina Ali bin Abi Thalib memperbanyak ibadah ketika masuk malam pertama Rajab. 

كَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يُفَرِّغُ نَفْسَهُ لِلْعِبَادَةِ فِيْ أَرْبَعِ لَيَالٍ فِي السَّنَةِ، وَهِيَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةُ الْفِطْرِ، وَلَيْلَةُ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ. وَكَانَ مِنْ دُعَائِهِ فِيْهَا

Sayyidina Ali Radhiyallaahu ‘Anhu memfokuskan dirinya untuk beribadah dalam empat malam dalam satu tahun, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, dan malam Nishfu Sya’ban.

PERISTIWA PENTING

Salah satu peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab adalah peristiwa Isra Mi'raj dan turunnya perintah sholat 5 waktu. Peristiwa Isra Mi'raj terjadi dalam satu malam yakni pada 27 Rajab pada tahun kesepuluh kenabian Rasulullah SAW atau sebelum melakukan hijrah ke Madinah.