"Kami tidak akan membeli Mixue lagi sampai ada sertifikat Halal-nya"

Sekitar dua-tiga bulan yang lalu. Istri membawa minuman Mixue yang ada rasa mangganya. Waktu itu saya belum tahu namanya. Baru buka cabang di dekat Pasar Sepatan. Tangerang.

Saya coba minum "Kok enak ya?". Jujur saja bikin nagih. Dan besoknya saya minta dibelikan satu lagi. Jelly rasa mangga dan boba warna hitamnya memang bikin ketagihan.

Seminggu kemudian saya putuskan ke Gerainya langsung sama istri. Bawa anak gadis nomor dua. Luar biasa ramainya. Minum di tempat mesti antri. Beli dan bawa pulang juga sangat ramai.

Sambil minum, saya iseng browsing. Mixue ternyata waralaba yang berasal dari China. Saya coba Googling, belum ada Serifikat Halal dari MUI-nya. 

Saya langsung kasih tahu sama istri. Minuman yang sudah kami pesan kami minum, tapi selanjutnya kami sepakat tidak akan membeli Mixue lagi sampai ada sertifikat Halal-nya.

Saya coba browsing ulang. Konon pihak Mixue sudah mengajukan Sertifikat Halalnya. Tapi belum ada kejelasan. 

Pembelaan Pihak Mixue menurut saya juga sangat melecehkan. Mereka cuma bilang "Belum ada sertifikat Halal bukan berarti Haram".

Gila!

Bukan begitu konsepnya, Markonah!!

Karena Mixue adalah Waralaba yang berasal dari Negara yang tidak terlalu perduli masalah Halal dan Haram, tapi akan dipasarkan di Indonesia yang merupakan Negara mayoritas Muslim, seharusnya diurus dulu ijin Halalnya, baru kemudian dipasarkan.

Kecuali produknya sudah jelas "haramnya", misalnya minuman keras.  

Saya juga menyayangkan Kementerian Agama RI yang saya anggap lamban dan tidak proaktif di masalah ini. Kementerian Agama sudah mengambil alih "kehalalan" dari MUI, tapi terkesan tidak perduli. 

Sebaiknya pihak Mixue juga stop dulu beroperasi. Atau sampaikan kepada masyarakat kalau Es Cream dan Minuman mereka yang lainnya belum ada sertifikat halalnya. 

Masalah Halal dan Haram juga masih banyak umat yang awam. Misalnya menganggap haram itu cuma daging Babi dan Anjing. Kalau Ayam sudah pasti halal. Padahal Ayam dan hewan halal lain kecuali Ikan dan Belalang bisa saja jadi haram kalau tidak disembelih sesuai syariat Islam.

Es Krim dan Minuman Mixue bisa saja tidak mengandung daging babi dan anjing. Tapi kalau misalnya menggunakan protein hewani yang disembelih dengan tidak cara islami, ya jatuhnya haram juga.

Tolong Mixue Perduli kecuali Konsumennya bukan untuk Muslim Indonesia.

(Azwar Siregar)