Hanya Dipakai Selama Piala Dunia 2022, Qatar Sumbangkan 3000 Bus ke Lebanon

[PORTAL-ISLAM.ID]  Qatar memutuskan untuk menyumbangkan 3000 bus ke Lebanon. Pemerintah Qatar membeli ribuan bus ini hanya untuk mengangkut para pengunjung ke stadion selama Piala Dunia 2022 yang baru saja selesai.

Bantuan Qatar itu diharapkan dapat membantu krisis angkutan umum yang dialami Lebanon, lapor media lokal.

Menurut laporan, Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati membahas masalah ini dengan pejabat Qatar di sela-sela Piala Dunia FIFA. Ide tersebut terinspirasi dari keinginan untuk mendonasikan sebagian infrastruktur piala dunia kepada negara-negara berkembang.

Namun, barang sumbangan Qatar tidak hanya itu. Doha juga menyumbangkan ribuan kursi stadion.

Laporan menyebut Qatar menawarkan untuk menyumbangkan kursi stadion ke beberapa stadion di Lebanon.

Qatar melakukan pengembangan besar-besaran dalam jaringan transportasinya dan mengubahnya menjadi jaringan terintegrasi setelah memenangkan hak tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022. 

Proyek tersebut termasuk Doha Metro, proyek angkutan massal terbesar di kota-kota di Timur Tengah. Membentang sepanjang 75 km dan mencakup 37 stasiun, tiga jalur (merah, emas, dan hijau), sekitar 18.000 taksi, dan lebih dari 3.000 sepeda listrik.
Piala Dunia FIFA Qatar telah dinyatakan sebagai Piala Dunia Terbaik Abad Ini dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh BBC Sports. Sebanyak 78% orang memilih Piala Dunia FIFA 2022 Qatar sebagai piala dunia terbaik.

Presiden FIFA Gianni Infantino memuji Piala Dunia FIFA Qatar karena keragaman dan inklusi permainan. “Banyak orang dari seluruh dunia telah datang ke Qatar dan telah menemukan dunia Arab, yang tidak mereka ketahui atau mereka hanya tahu dari apa yang digambarkan kepada mereka,” kata bos FIFA itu kepada wartawan.

[Hidayatullah]