Gibran Nyatakan Siap Maju di Pilgub DKI atau Jateng

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gibran Rakabuming menyatakan kesiapan diberi mandat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju di pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) atau DKI Jakarta.

“Ya saya sih siap (diberi mandat maju pilgub), tapi nunggu (putusan) Bu Ketua Umum dulu ya. Sekali lagi saya ini masih belajar, masih perlu banyak masukan-masukan beliau-beliau senior,” kata Gibran kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Gibran menyebut Jawa Tengah maupun DKI Jakarta sudah baik di bawah pemimpin sebelumnya. Menurut Gibran, program-program yang baik di masa sebelumnya wajib diteruskan.

“Program-program dari pemerintah sebelumnya juga wajib diteruskan dan saya rasa, Jawa Tengah dan DKI Jakarta ini sama-sama baik. Maksudnya ke depan nanti benar-benar menjadi DKI menjadi pusat ekonomi, Jateng sebagai lumbung pangan,” tandasnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Gibran harus membangun legacy di Solo, menunjukkan kapasitas kepemimpinannya bila memang ingin maju di Pilgub DKI Jakarta.

“Setiap pemimpin harus menunjukan kapasitas kepemimpinanya. Istilahnya populernya harus membangun legacy, membagun kemajuan bagi wilayahnya. Disitulah setiap pemimpin mengalami ujian, termasuk Mas Gibran,” kata Hasto kepada wartawan disela acara Pertemuan Kepala Daerah di Sekolah Partai DPP PDI Perjuagan, Kamis, 16 Juni 2022.

Tujuan dari membangun legacy tersebut, kata Hasto agar Gibran b isa menghadapi berbagai ujian di lapangan. Sebab, dalam konteks politik, ada tahapan untuk memimpin, sehingga para kader yang dipercaya untuk maju dalam kontestasi politik bisa menegaskan komitmennya. [suaranasional]