Beda di Amerika dan di Wakanda

Beda di Amerika dan di Wakanda

Di Amerika orang digigit Ular memiliki harapan hidup di atas 80% karena anti-bisa dari berbagai spesies Ular tersedia merata di RS bahkan sampai level kota kecil. Asal tahu jenis Ularnya, bisa langsung mendapat pertolongan anti-bisa yang menyelamatkan nyawa.

Sedangkan di ***, digigit Ular adalah malapetaka. Ular menengah pun bisa maut, apalagi yang tinggi. Harapan hidup nyaris 0%. RS-RS jarang memiliki anti-bisa, kalaupun ada tidak variatif sesuai jenis Ularnya.

Di AS, jika kena serangan henti jantung, henti napas, dll, di pinggir jalan bertebaran orang-orang bisa memberikan pertolongan pertama, karena banyak sekali yang terlatih meskipun warga biasa non medis. Jadi masih ada harapan besar bertahan hidup sebelum datang tim medis sebenarnya.

Sedangkan di ***, orang pegang dada dan roboh tubuhnya, hanya jadi bahan tontonan. Dipegang-pegang, tanpa tahu standar pertolongan yang tepat. Akhirnya korban hanya menuju 1 hal: Meninggal dunia.

Wajarnya pihak yang tertinggal akan berusaha meningkatkan kemampuan untuk mengejar. 

Sedangkan jika sudah tahu dirinya tertinggal, tapi untuk menghibur diri malah sering membanggakan diri, itu sangat tidak wajar dan konyol.

[Pega Aji Sitama]