BAMBU RAKSASA

BAMBU NAGA

Bambu Naga (Dendrocalamus Giganteus) adalah spesies bambu raksasa yang berasal dari Asia Tenggara, tepatnya di negara-negara seperti Cina, India, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam. 

Ini adalah salah satu spesies bambu terbesar di dunia, dengan potensi tumbuh setinggi 100 kaki (30 meter), dengan batang (batang bambu) berdiameter hingga 7 inci. Batangnya memiliki warna hijau tua yang khas, dengan daun mengkilap yang bisa berukuran cukup besar. Ini memiliki kebiasaan menyebar, yang membuatnya ideal untuk membuat layar alami atau penghalang privasi.

Dendrocalamus giganteus juga merupakan spesies yang kuat dan cepat tumbuh, menjadikannya pilihan populer untuk lansekap dan berkebun. Ini toleran terhadap berbagai jenis tanah dan dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi basah dan kering. Batangnya yang kuat dan tahan lama juga banyak digunakan dalam konstruksi dan pembuatan furnitur. Serat Dendrocalamus giganteus dapat digunakan untuk membuat kertas berkualitas tinggi yang ramah lingkungan karena merupakan sumber daya terbarukan. Tunas bambu juga dapat dimakan, dan digunakan dalam pengobatan tradisional.

Namun, perlu disebutkan bahwa spesies ini cenderung menjadi invasif di beberapa daerah, karena dapat menyebar dengan cepat melalui rimpang bawah tanah dan mengalahkan vegetasi asli. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa peraturan dan pedoman daerah sebelum menanam Dendrocalamus giganteus.

Kredit teks: Earth Unreal
Kredit foto: Francesco Verone (Pria memanjat Bambu Raksasa di Sri Lanka)

👇👇
Baca juga :