Apakah Demokrat dan PKS mulai khawatir ditinggalkan NasDem pasca Pertemuan Jokowi-Paloh? Sehingga mendadak umumkan dukungan?

Bubar atau Berkibar

Oleh: Erizal

Apa sebetulnya isi pembicaraan antara Presiden Jokowi dan Surya Paloh dapat diketahui dengan melihat, apa langkah yang akan diambil, baik Presiden Jokowi maupun Surya Paloh, setelah pertemuan itu.

Sejauh ini, langkah itu, belum terlihat. Tapi, langkah yang diambil pihak lain, di luar Presiden Jokowi dan Surya Paloh, sudah mulai terlihat. Misalnya, Demokrat dan PKS, tiba-tiba saja resmi mencapreskan Anies Baswedan.

Sesuatu yang sebelumnya tarik-ulur, terkesan mudah dan lancar. Justru respon dari NasDem yang terkesan dingin. Ajakan membuat posko bersama ditanggapi biasa. Apakah Demokrat dan PKS mulai khawatir ditinggalkan NasDem?

Kalau ini benar, berarti isi pertemuan Presiden Jokowi dan Surya Paloh itu mengajak NasDem balik ke koalisi pemerintahan meninggalkan Demokrat dan PKS yang berada di luar. Artinya, koalisi perubahan, bubar sebelum terbentuk.

Langkah pihak luar seperti PDIP juga mulai terlihat. PDIP terkesan tak ingin NasDem balik ke koalisi pemerintahan. Reshuffle tetap harus dilakukan. Dan itu menyasar menteri-menteri dari NasDem. Entah apa pula masalahnya?

Kalau ini yang terjadi, berarti benar, pertemuan Presiden Jokowi dan Surya Paloh itu adalah pamitnya Surya Paloh keluar dari koalisi pemerintahan dan tetap mencapreskan Anies Baswedan. Koalisi perubahan terus berkibar. Dan ini, juga belum terlihat usai pertemuan itu.

(*)
Baca juga :