Video Anies soal Batik digoreng buzzer, Anies kasih balasan Makjleb

[PORTAL-ISLAM.ID]  Potongan video berdurasi 43 detik pidato Anies Baswedan soal batik digoreng buzzer. 

Seolah Anies menentang batik. Anti batik. Batik adalah pelanggaran. Bla bla bla... tanpa paham konteks dan sejarah yang disampaikan Anies soal batik.

Anies lalu membalas potongan video itu dengan video yang lebih lengkap.

Salah satu buzzer yang menggoreng potongan video Anie soal batik adalah akun @NUgarislucu. Dalam bio-nya akun @NUgarislucu menulis "Sampaikan kebenaran walaupun itu lucu". 

Lalu dibalas oleh Anies "Sampaikan kebenaran walaupun itu kurang lucu." Makjleb!

"Cek video lengkapnya dulu yuk, Min @NUgarislucu. Sampaikan kebenaran walaupun itu kurang lucu. ๐Ÿ˜Š #ABW," balas Anies Rasyid Baswedan di akun twitternya @aniesbaswedan, Jumat (16/12/2022).

Soal sejarah batik sebetulnya sudah sering disampaikan Anies Baswedan di postingan akun media sosialnya.

Berikut tulisan Anies soal batik:

Tradisi pada awalnya adalah terobosan. Sebuah terobosan yang kemudian diterima, diakui, hingga menjadi kebiasaan baru. 

Batik asalnya digunakan sebagai kain "jarik" (bawahan). Pakemnya dulu, kaum lelaki selalu memakai baju kemeja polos ataupun lurik dan tidak berkemeja dengan bermotif "gambar". 

Suatu saat ada yang mengambil langkah kebaruan. Perancang busana menggunakan kain hasil membatik itu bukan sebagai jarik, tapi jadi kemeja bagi lelaki. 

Mengejutkan karena menerobos kebiasaan, menerobos tradisi. Pastinya banyak pihak menyebut itu adalah "pelanggaran pakem". 

Kini pelanggaran itu tak lagi diketahui dan diingat. Bahkan kini kemeja Batik sudah jadi "tradisi" baru yang memajukan kebudayaan batik sampai ke dunia internasional. 

Terus meneruslah melakukan terobosan, yang membawa kebaruan dalam budaya. Tentu setelah terlebih dahulu melalui proses mengenal dan memahami tradisi yang ada. 

Karena itu jangan katakan bahwa kita berkomitmen untuk sekadar melestarikan budaya, tapi katakanlah kita bertekad mengembangkan dan memajukan budaya. 

Selamat Hari Batik! 

[Video - Pidato Anies soal Batik]