Salim Segaf dan SBY Ketemu, Sudirman Said: Bakal Kuatkan Pencalonan Anies

[PORTAL-ISLAM.ID]   Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said yang menjadi utusan Anies Baswedan di koalisi perubahan mengatakan, pertemuan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diharapkan segera menghasilkan keputusan penting. 

Menurut Sudirman PKS dan Demokrat bersama Partai Nasdem, adalah tiga partai yang selama ini intens berkomunikasi untuk pencalonan Pak Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

“Dalam interaksi selama ini memang sering bertiga, sering juga bilateral antara dua partai,” kata Sudirman, Sabtu 24 Desember 2022. 

Sudirman menyampaikan, pertemuan dua pimpinan tertinggi di PKS dan Partai Demokrat menjadi pertanda baik. Pembahasan dalam tim kecil dari tiga partai di Koalisi Perubahan tentu akan disampaikan secara lebih khusus kepada pimpinan partai. 

“Hasil-hasil yang selama ini dibahas dalam tim kecil tiga partai, pasti dikomunikasikan kepada Pimpinan Tertinggi,” katanya.

Menurut Sudirman, bila pimpinan tertinggi partai mulai membuka komunikasi, dalam hal ini SBY dan Salim Segaf, tentu bisa diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang penting, terutama untuk makin memperkuat pencalonan Anies Baswedan.  

“Bila para pimpinan tertinggi partai mulai membuka komunikasi, kita boleh berharap akan ada keputusan penting,” ujarnya.

“Saya yakin, pertemuan antara Presiden SBY dengan Ketua Majelis Syuro PKS Dr. Salim Al Jufri akan memperkuat arah menuju koalisi.  Keduanya sahabat lama yang pernah satu tim dalam pemerintahan,” katanya lagi. 

Deklarasi PKS dan Demokrat 

Koalisi Perubahan yang mengerucut mendukung Anies Baswedan harusnya sudah berani mendeklarasikan calon presiden dan wakil presiden mereka untuk Pilpres 2024.

Desakan dari bawah agar koalisi Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat, mendeklarasikan capres-cawapres mereka dianggap sangat rasional.

Menanggapi hal ini, Sudirman menyampaikan bahwa deklrasi PKS dan Demokrat tentu memberi harapan baik bagi publik makin besar. Perubahan akan terjadi dan itu menjadi nyata. 

“Seperti para pendapat pengamat. Pencalonan Anies secara resmi oleh Partai Nasdem saja sudah memberi harapan pada publik, bahwa perubahan akan terjadi,” katanya.

“Apalagi bila disusul oleh deklarasi PKS dan Partai Demokrat. Rasanya harapan itu akan makin besar,” kata Sudirman. 

Tentunya, deklarasi PKS dan Demokrat sangat dinanti dalam proses politik saat ini. Deklarasi Anies Baswedan secara formal oleh partai pengungsungnya akan menghilankan berbagai spekulasi yang selama ini ada.

“Bagi proses poltiik ke depan, berbagai spekulasi akan hilang bila pencalonan Anies segara dkdeklarasikan secara formal oleh partai partai politik pengusungnya,” kata Sudirman. [viva]