Piala Dunia Paling Dramatis

Menarik sekali piala dunia kali ini. Lebih banyak kejutan.

Setelah Spanyol tersingkir, Brazil pun tersingkir lewat adu penalti. Bahkan Argentina nyaris kalah melawan Belanda. Dramatis.

Portugal nanti malam akan bertemu Maroko. Jika mengulang sejarah Islam, maka Maroko harusnya menang. Karena Thariq bin Ziyad yang memimpin pasukan Muslimin dari wilayah Maghrib (Maroko), pernah menaklukkan Andalusia (Spanyol) yang mana Portugal saat itu juga termasuk di dalamnya. Apakah malam ini Hakimi dkk bisa menaklukkan Portugal? Kita tunggu saja.

Jika tren negeri "Penjajah" yang kalah, seperti halnya Spanyol dan Belanda, maka seharusnya Portugal dan Inggris pun layak pulang kampung.

Jika demikian maka akan bersisa Kroasia vs Argentina dan Prancis vs Maroko.

Jika Argentina bisa seperti Spanyol tahun 2010 (kalah di awal babak penyisihan grup), kemudian berakhir sebagai juara, maka dipastikan bahwa Messi akan disematkan gelar The Greatest of All Time (GOAT) tanpa diragukan lagi.

Namun sebagai Muslim, saya tetap lebih memilih Maroko sebagai juara dunia. Meski ada yang mendoakan tim-tim Muslim tersingkir semua dari piala dunia karena dianggap sepakbola bukan olahraga yang dianjurkan dalam Islam (atau bukan sarana yang syar'i untuk mendakwahkan Islam). Itu hak yang bersangkutan dan sah-sah saja.

[Muhammad Valdy Nur Fattah]