KENALI KEBAIKAN-KEBAIKAN MAROKO

KENALI KEBAIKAN-KEBAIKAN MAROKO

Oleh: Ustadz Irsyad Syafar

Setelah anda mengenal Maroko karena prestasi kebaikannya di Sepakbola dunia, akan lebih baik kalau anda mengenal lebih jauh kebaikan dan keistimewaan Maroko. Terutama semenjak negeri ini menjadi negeri Islam pada tahun 680 M yang dibawa oleh Panglima ‘Uqbah bin Nafi’, seorang Tabi’in (generasi setelah Sahabat) yang lahir di Madinah.

Maroko sampai hari ini adalah masyarakat muslim yang berpegang teguh dengan Fiqh Madzhab Maliki. Warisan ulama besar semenjak 1300an tahun yang lalu. Merekalah penjaga “al-Muwaththa’ Imam Malik”. Masjid-masjid mereka sampai hari ini masih konsisten merawat bacaan Al Quran riwayat Warasy.

Maroko adalah salah satu pusat peradaban Islam dan ilmu pengetahuan. 

Universitas tertua di dunia adanya di Maroko, yaitu Universitas Al Qarawiyyin yang berdiri pada tahun 245 Hijriyah/859 Masehi. 

Dan salah satu ulama ilmu Nahwu yang paling terkenal, penulis Muqaddimah Al Jurumiyah yaitu al-Imam Abu Abdulllah Muhammad bin Muhammad bin Daud as-Shanhajiy yang dikenal dengan Ibnu Ajrum, adalah dari Maroko. 

Sangat banyak ulama besar dari Maroko sampai saat ini, namun tidak sepopuler Ulama-ulama yang berasal dari sekitaran Jazirah Arab.

*Foto atas: Universitas Al Qarawiyyin di kota Fes, Maroko.