Direktur Eksekutif Lembaga Survei Charta Politika Mempertanyakan Asal Keturunan Anies Baswedan

[PORTAL-ISLAM.ID] Anies Baswedan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dipertanyakan asal keturunannya oleh sebagian orang menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Mas Anies keturunan jg gak?” tanya Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya di akun Twitter-nya @yunartowijaya, Selasa (28/12/2022).

Yunarto mengatakan seperti itu menanggapi akun Twitter @Bijipot: “loh bukan asli wni…loh keturunan cina…cuma perusak loh…bikin survie abal2.blm kena demo loh…”

Anies Baswedan merupakan cucu dari Abdurrahman Baswedan atau AR Baswedan yang merupakan pejuang kemerdekaan, diplomat, dan Pahlawan Nasional Indonesia.

AR Baswedan lahir di Surabaya, 9 September 1908, dan merupakan peranakan Arab yang kala itu masuk dan golongan Timur Asing.

Ia merupakan anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pernah menjabat Wakil Menteri Muda Penerangan RI Kabinet Sjahrir, Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), anggota Parlemen, serta anggota Dewan Konstituante.

Jika ditilik sejarah Indonesia, peran orang-orang keturunan Arab sudah ada sejak zaman kerajaan hingga Walisongo. Kesultanan Cirebon, Kesultanan Banten, Kesultanan Demak, Kesultanan Siak, Kesultanan Pontianak, pernah dipimpin oleh orang-orang keturunan Arab. Di era pergerakan, sejumlah tokoh dan lembaga yang didirikan oleh peranakan Arab, turut memberi saham bagi kemerdekaan Indonesia.