Cina Laporkan Setengah Juta Kasus Covid-19 Setiap Hari

[PORTAL-ISLAM.ID]  Setengah juta orang di satu kota di Cina terinfeksi Covid-19 setiap hari, kata seorang pejabat kesehatan senior, dalam pengakuan yang jarang dan cepat disensor bahwa gelombang infeksi di negara itu tidak tercermin dalam statistik resmi.

Cina bulan ini dengan cepat membongkar pilar-pilar utama dari strategi nol-Covid-nya, menghapus lockdown, karantina yang lama, dan pembatasan perjalanan sebagai kebalikan dari strategi penahanan yang menjadi ciri khasnya.

Kota-kota di seluruh negeri yang berjuang untuk mengatasi lonjakan infeksi telah mengosongkan rak apotek, memenuhi bangsal rumah sakit dan tampaknya menyebabkan penumpukan di krematorium dan rumah duka.

Tetapi berakhirnya mandat pengujian yang ketat telah membuat beban kasus hampir tidak mungkin dilacak, sementara pihak berwenang telah mempersempit definisi medis dari kematian akibat Covid dalam suatu langkah yang menurut para ahli akan menekan jumlah kematian yang disebabkan oleh virus tersebut.

Sebuah outlet berita yang dioperasikan oleh Partai Komunis yang berkuasa di Qingdao pada Jumat (23/12/2022) melaporkan bahwa  kepala kesehatan kota mengatakan kota timur itu menangani antara 490.000 sampai 530.000 kasus Covid baru setiap hari.

Kota pesisir berpenduduk sekitar 10 juta orang itu “berada dalam periode penularan cepat menjelang puncak yang mendekat,” kata Bo Tao, menambahkan bahwa tingkat infeksi akan meningkat 10 persen lagi selama akhir pekan.

Laporan tersebut dibagikan oleh beberapa outlet berita lain tetapi tampaknya telah diedit pada Sabtu pagi (24/12) untuk menghapus angka kasus tersebut.

Komisi Kesehatan Nasional Cina mengatakan pada Sabtu (24/12) bahwa 4.103 infeksi domestik baru tercatat secara nasional pada hari sebelumnya, tanpa kematian baru.

Di Shandong, provinsi tempat Qingdao berada, pihak berwenang secara resmi hanya mencatat 31 kasus domestik baru.

Pemerintah Cina menjaga ketat media negara itu, dengan legiun sensor online untuk menghapus konten yang dianggap sensitif secara politik.

Sebagian besar publikasi yang dikelola pemerintah telah meremehkan parahnya gelombang keluar negara itu, alih-alih menggambarkan pembalikan kebijakan sebagai hal yang logis dan terkendali.

Tetapi beberapa outlet mengisyaratkan kekurangan obat dan rumah sakit di bawah tekanan, meskipun perkiraan jumlah kasus sebenarnya masih jarang.

Pemerintah provinsi Jiangxi timur mengatakan dalam posting media sosial Jumat (23/12) bahwa 80 persen populasinya – setara dengan sekitar 36 juta orang – akan terinfeksi pada bulan Maret.

Lebih dari 18.000 pasien Covid telah dirawat di institusi medis besar di provinsi tersebut dalam dua minggu hingga Kamis (22/12), termasuk hampir 500 kasus parah tetapi tidak ada kematian, kata pernyataan itu.

Ada tanda-tanda bahwa sumber daya medis tetap berada di bawah tekanan saat akhir pekan dimulai, karena beberapa pejabat kesehatan daerah memperingatkan bahwa yang terburuk belum terjadi.

Pusat manufaktur selatan Dongguan mengatakan pada Jumat (23/12) bahwa pemodelan wabah mengindikasikan hingga 300.000 infeksi baru per hari, menambahkan bahwa tingkat penularannya “semakin cepat”.

“Banyak sumber daya dan personel medis menanggung tantangan berat dan tekanan besar tanpa preseden sejarah,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh biro kesehatan kota berpenduduk 10,5 juta jiwa itu.

Biro tersebut juga menerbitkan video yang menunjukkan pasien yang terhubung dengan infus yang mengantri di luar klinik, dan seorang dokter tidur di mejanya setelah bekerja hingga larut malam selama beberapa hari berturut-turut.

Seorang pejabat kesehatan senior di Hainan mengatakan Jumat (23/12) bahwa provinsi pulau itu akan mencapai puncak infeksi “segera”, sementara di megacity timur Shanghai lebih dari 40.000 pasien dirawat karena “demam”, surat kabar People’s Daily yang dikelola pemerintah melaporkan Sabtu (24/12).

Pihak berwenang di Chongqing meluncurkan kampanye untuk menyuntik penduduk dengan vaksin yang dapat dihirup saat kota besar tengah bergulat dengan wabah yang signifikan.

Wartawan AFP di kota berpenduduk 32 juta ini menyaksikan rumah sakit dibanjiri sebagian besar pasien lanjut usia yang positif Covid, dan puluhan jenazah diturunkan di krematorium pekan ini. (arrahmah)
Baca juga :