Anies: Kita Harus Ikhtiarkan 2024 Akan Terjadi Perubahan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Calon Presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan melakukan safari politik di Aceh. Bakal capres yang diusung Partai Nasdem itu mengajak masyarakat Aceh untuk menyongsong perubahan yang lebih baik pada 2024.

"Kita harus ikhtiarkan bersama pada tahun 2024 akan terjadi kesempatan untuk melakukan perubahan," kata Anies di Banda Aceh, dikutip dari Antara, Minggu, 4 Desember 2022.

Anies menyampaikan demikian saat agenda jalan sehat, bersilaturahmi dengan warga setempat. Eks Mendikbud itu sempat menyapa ribuan warga Aceh di lapangan terbuka kawasan Pango, Kota Banda Aceh.

Dia bilang Aceh memiliki catatan gemilang tentang perjuangan rakyat. Kata Anies, bukan hanya menggulung kolonialisme, melainkan perjuangan Aceh untuk menggelar keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bagi dia, Aceh dibaratkan sebuah negeri yang memiliki perjalanan panjang. Ia menyebut peran Aceh bukan hanya pada tingkat nusantara, melainkan di level dunia. Maka itu, kata dia, Aceh mesti kembali memiliki peran yang besar di kemudian hari.

"Kami ingin ajak semua, mari berjuang bersama demi hadirnya rasa keadilan bagi semuanya, siap kerja bahu-membahu, saling dukung," tutur Anies.

Lebih lanjut, dia juga mengajak masyarakat Aceh untuk jadi bagian yang mempersatukan. Kata dia, bukan sebagai pemecah belah. Menurutnya, hal itu termasuk menjangkau semuanya guna menyampaikan pandangan dan pesan positif.

"Bila menghadapi kondisi yang tidak nyaman, berikan senyum. Tunjukkan ini rombongan orang-orang berakhlak mulia, orang-orang yang membawa keteduhan," katanya.

Anies juga mengajak masyarakat Aceh untuk menata rasa dari sekarang. Lalu, bisa bersiap menyampaikan pesan positif dan bersabar melakukannya. Ia merasa optimis dari Aceh bisa menularkan pesan positif ke daerah lainnya. 

"Kami yakin dari Aceh keberhasilan ini akan menular ke tempat-tempat lain di seluruh Indonesia. Saya ingin mengajak, jangkau tetangga, keluarga, kolega, dan ajak semuanya," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

(Sumber: ANTARA)