Anies di Maroko

[PORTAL-ISLAM.ID] Maroko sedang menjadi pembicaraan dunia setelah Timnas Maroko mencatatkan sejarah sebagai satu-satunya negara benua Afrika dan negara muslim yang berhasil melaju ke babak Semi Final sepanjang sejarah Piala Dunia.

Tahukah Anda? Anies Baswedan pernah diundang ke Maroko?

Itu terjadi pada 18 April 2018.

Lawatan Anies ini dalam rangka memenuhi undangan Walikota Casablanca, Abdeelaziz Omari dalam rangka berpartisipasi pada “The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018”.

Saat itu, Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta diundang menjadi pembicara kunci (keynote speaker) di Smart City Conference di Grand Hyatt Resort, Casablanca, Maroko, Rabu (18/04/2018).

Selain menjadi keynote speaker di Smart City Conference, Anies Baswedan juga menjadi pembicara pada kuliah umum di Universitas Hasan II Casablanca, Maroko. 

Saat itu Anies disebut dengan istilah ‘Super Gubernur’.

Ungkapan tersebut diucapkan seorang mahasiswa di Universitas Hasan II Casablanca, Maroko, Kamis (19/04/2018) waktu setempat.

Dia mengatakannya pada sesi pertanyaan saat Anies menjadi pembicara pada kuliah umum.

“Super Gubernur, jarang ada akademisi yang jadi gubernur. Mau berkolaborasi dengan masyarakat dan tidak takut bertemu dengan akademisi,” ujar mahasiwa itu dengan logat Prancis, seperti dilansir kantor berita Antara.

Anies lantas mengucapkan terima kasih. Mantan menteri pendidikan itu juga menawari pertukaran mahasiswa atau profesor.

“Saya mengajak mahasiswa di Maroko untuk belajar di Jakarta atau melakukan pertukaran profesor,” ujar Anies.

Selain itu, Anies juga menyampaikan paparan soal smart city yang kaitannya dengan evolusi kota 4.0.

Bahkan saat dia menyampaikan paparan, antusias para civitas akademika Universitas Hasan II berinteraksi langsung dengan bertanya.

Esensinya smart city membawa kota sebagai penyedia pelayanan publik menjadi kota yang melibatkan warga yang berkolaborasi. Dari City 2.0, menjadi City 4.0.

*Sumber: