Tewasnya Satu Keluarga di Kalideres, Diduga Penganut Sekte Apokaliptik

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini kasus kematian satu keluarga di perumahan Citra Garden Extension, Kalideres, Jakarta Barat menyita perhatian masyarakat. 

Mulanya polisi menduga para korban tidak makan karena hasil otopsi menunjukkan perut yang kosong.

Namun baru-baru ini muncul spekulasi bahwa keluarga ini memiliki keyakinan sekte Apokaliptik. 

Kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Eliasta Meliala mengatakan kejadian ini hampir sama dengan kematian massal pengikut sekte Peoples Temple pimpinan Jim Jones di Guyana, Amerika Selatan, pada 1978.

"Jadi mungkin mirip dengan kelompok yang mati massal di Guyana. Atau yang melakukan sesajian massal di pinggir laut dan malah disapu ombak semua. Karena kematian adalah tujuan akhir, maka mereka tidak takut," katanya.

Adrianus ragu jika keluarga ini diduga mati karena kelaparan karena berdasarkan keterangan kerabat terdekat, para korban berkecukupan secara materi. Ditemukan juga rumah tersebut menunggak bayar listrik.
 
"Mungkin ini konsepsi 'silih', yakni membuat diri menderita demi suatu kenikmatan di kemudian hari. Kalau cuma menunggak listrik atau jual rumah, itu mah kecil. Kemungkinan itu bagian dari persiapan untuk 'berangkat' tersebut," ujarnya.

Kriminolog lainnya, Thomas Sunaryo berpendapat aliran ini membuat pengikutnya percaya bahwa waktu sudah mendekati kiamat dan lebih baik mereka mati lebih dulu.

Temuan Buku Bermacam Agama

Kepolisian menemukan buku berbagai macam agama di rumah satu keluarga yang tewas di Kalideres, Jakarta Barat. Fakta tersebut diungkap Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto.

"Betul sekali, Kompolnas menerima informasi dari Polres Jakarta Barat bahwa di TKP ditemukan beberapa buku yang berisi ajaran beberapa agama," kata Benny, dikutip Rabu, 16 November 2022.

Lebih lanjut Benny menjelaskan, temuan buku berbagai ajaran agama itu kini masih didalami oleh penyidik.

Polisi juga terus mendalami berbagai kemungkinan, termasuk dugaan bahwa keluarga Kalideres menganut sekte atau paham apokaliptik.

SIMAK SELENGKAPNYA VIDEO...