Pahala Wali Songo

Bayangkan betapa dahsyatnya pahala wali Songo. Mereka sudah lama meninggal tapi hingga detik ini, pahala terus mengalir pada mereka. Maulana Malik Ibrahim misalnya, berdakwah di Jawa pada tahun 1392 M, berapa banyak pahala beliau hingga hari ini? Sebab Islamnya kita berkat dakwah mereka. 

Bayangkan betapa dahsyat dan luar biasanya pahala yang diperoleh oleh para penulis hadits seperti Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Tirmidzi, dan yang lainnya. Mereka sudah tiada 1200 tahun lalu. Tapi hingga pahala kebaikan terus mengalir. Sebab berkat mereka, kita bisa tahu hadits Rasulullah saw. 

Bayangkan betapa dahsyat dan luar biasanya pahala Imam Mazhab. Imam Syafi'i, Imam Hambali, Imam Malik, Imam Ahmad. Mereka telah tiada 1300 tahun lalu. Tapi derasnya pahala mengalir pada mereka hingga detik ini. Sebab mereka bukan hanya mengajarkan hadits tapi juga menyusun fikih yang hingga detik ini diikuti oleh umat Islam. 

Dan bayangkan betapa dahsyat dan luar biasanya pahala para sahabat Rasulullah saw. Mereka telah tiada 1400 tahun lalu. Tapi derasnya pahala mengalir pada mereka hingga detik ini. Sebab mereka adalah generasi yang paling awal mendakwahkan dan mengajarkan Islam hingga Islam tersebar ke seluruh dunia ini. MasyaAllah. 

Lalu bayangkan betapa dahsyat dan luar biasanya dosa-dosa kita. Hiks. Sementara amal shaleh kita tak seberapa. Amal jariyah apalagi. Dakwah tak ada. Bahkan mungkin membenci dakwah. Anak sholeh boro-boro. Rumah tangga saja setiap hari kiamat. Sedekah jariyah pun diniatkan nunggu kalau udah punya segalanya. Kapan bisa punya segalanya ?

Iri kita pada mereka yang telah mewakafkan hidupnya untuk dakwah. Hartanya diwakafkan untuk umat. Punya banyak anak sholeh. Iri bingit. Tapi jangan sedih. Belum terlambat. Selama masih diberi nafas, kesempatan itu masih ada. Semoga ada amalan andalan yang bisa mengalirkan pahala untuk kita meski kita nanti telah tiada. 

(Kak Oksa)

*Yuk beramal jariyah dengan berwakaf alquran hafalan. Mumpung hari jumpat, sedekah di hari jumat pahalanya seperti sedekah di bulan ramadhan. Kami sedang membantu 17 TPQ yang butuh alquran. Jangan ditunda japri ke 👉 http://wa.me/6281368684515