NasDem Ungkap Hambatan Safari Anies Baswedan ke Daerah: Tiba-tiba Izin Dicabut Tanpa Alasan Jelas

[PORTAL-ISLAM.ID]  Bakal calon Presiden usungan Partai NasDem, Anies Baswedan, dijadwalkan menyambangi Aceh pada 2-3 Desember 2022. Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, mengatakan Anies bakal bertemu tokoh masyarakat dan memberikan pidato kebangsaan.

Usai dijagokan Partai NasDem sebagai capres, Anies gencar bersafari ke sejumlah daerah. Kendati demikian, Ali menerangkan ada hambatan yang dihadapi kala partainya bersama Anies hendak bersafari, salah satunya ke Serambi Mekkah.

“Anies akan ketemu tokoh masyarakat, kasih pidato kebangsaan. Cuma masalahnya di daerah banyak kesulitan,” kata Ali saat dihubungi, Rabu, 30 November 2022.

Adapun hambatan yang dimaksud Ali adalah perizinan penggunaan lapangan yang tiba-tiba dicabut oleh Pemerintah Daerah. Ali mengaku baru dihubungi oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Aceh hal ihwal ini.

Dia menjelaskan, pencabutan izin ini tanpa alasan yang jelas. “Banyak sekali perizinan, ini kan penggunaan lapangan, tiba-tiba sudah dikeluarkan pemda, tiba-tiba dicabut tanpa alasan yang jelas. Hambatan itu terus didapatkan dari daerah,” kata dia.

Ali menegaskan agenda safari politik Anies ke Aceh tidak batal. “Kalau kami sudah punya agenda ke sana, biar saja masyarakat yang menilai,” ujarnya.

Dia mencontohkan hambatan serupa kala Anies menyambangi Jawa Barat. Menurut dia, ada pihak yang menekan bupati sehingga urusan izin menjadi pelik.

Ke depannya, Ali berharap negara memfasilitasi anak negeri yang hendak menggelar suatu acara. Apalagi, kata dia, tujuan safari politik Anies adalah memperkenalkan calon pemimpin ke masyarakat.

“Jadi negara harus turut serta memfasilitasi anak-anak negeri, pemda tidak usah latah, terlalu paranoid, kemudian seakan-akan mempersulit semua urusan di daerah,” kata dia.
Sebelumnya, usai menyambangi Palu, Sulawesi Tengah, Anies Baswedan bakal melanjutkan safari politiknya ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera. 

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, mengatakan Anies bakal bertandang ke Aceh pada Jumat pekan ini.

Selanjutnya, kata Willy, bekas Gubernur DKI Jakarta tersebut dijadwalkan menyambangi Padang pada 3-4 Desember 2022. Pekanbaru menjadi daerah selanjutnya yang dikunjungi Anies pada 4-5 Desember 2022. 

Weekend ini full sampai hari Senin,” kata Willy di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 29 November 2022.

Dia menjelaskan, di Desember ini Anies Baswedan juga dijadwalkan menghadiri perayaan Natal di Papua. 

“Insya Allah kita acara Natal bersama di Papua,” ujarnya.

(Sumber: Tempo)