Kualitas Memang Gak Bisa Boong.... Anies Diundang Jadi Pembicara di Forum G20 Bali

[PORTAL-ISLAM.ID] BALI - Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Rasyid Baswedan menjadi pembicara dalam acara Bloomberg NEF Summit di Nusa Dua, Bali, Sabtu, 12 November 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Sebuah kehormatan diundang sebagai pembicara dalam acara Bloomberg NEF Summit, salah satu side event di G20 dan B20, di Nusa Dua Bali pada hari ini, 12 November 2022," tulis Anies di akun Instagramnya, Sabtu, 12 November 2022. 

Dalam forum internasional itu, Anies membahas pengalamannya selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dalam menghadapi perubahan iklim.

Anies menyebut Jakarta telah berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 26% pada 2020. 

“Ini bahkan melampaui target penurunan 30% di 2030,” ujarnya.

Keberhasilan itu, kata Anies, tak terlepas dari prinsip yang selalu dia dan jajarannya lakukan. 

"Pencapaian luar biasa ini dimungkinkan berkat 3 prinsip yang selalu kita pegang," kata Anies.

Tiga prinsip tersebut yakni:

1. Selesaikan dari akar masalahnya: mengubah kota yang tadinya car oriented development menjadi Transit Oriented Development.

2. Kolaborasi adalah kunci: kami berkolaborasi dengan berbagai organisasi, pemangku kepentingan, dan mengajak warga kota terlibat juga.

3. Evidence-based policy: pengambilan kebijakan harus selalu berdasarkan pada data dan ilmu pengetahuan. Meminta masukan dari para ahlinya, termasuk belajar dari kota/ negara lain di dunia yang juga menghadapi masalah serupa.

"Dan yang paling penting, harus ada kemauan politik yang kuat (strong political will) untuk menerjemahkan kebijakan menjadi aksi dan tetap dalam jangkauan kemampuan fiskal kita," tegas Calon Presiden 2024 dari Partai NasDem itu.

Anies menilai, G20 memiliki peran yang menentukan dalam upaya menghadapi krisis iklim. Karena itu, diperlukan integrasi vertikal antara pemerintah nasional dengan pemerintah-pemerintah lokal.

“G20 memiliki peran yang menentukan dalam upaya kita menghadapi krisis iklim. Maka diperlukan integrasi vertikal antara pemerintah nasional dengan pemerintah-pemerintah lokal. Setiap kebijakan di tingkat lokal harus selaras dengan kebijakan dan target di level nasional,” tandasnya.

[Simak video bincang Anies usai jadi pembicara di G20]
Baca juga :