Jelang Pernikahan Kaesang, Jalan Depan Rumah Calon Menantu Presiden Jokowi Diaspal Pakai Duit APBD

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ruas Jalan Lombok yang merupakan akses menuju rumah calon menantu Presiden Joko Widodo, Erina Gundono diaspal sejak Rabu hingga Kamis, 9-10 November 2022.

Pengaspalan jalan dilakukan sepanjang 387 meter dengan lebar 4 meter. Pengaspalan mulai dari Jalan Kaliurang, tepatnya mulai gapura masuk Jalan Lombok hingga rumah calon istri Kaesang Pangarep di Kampung Purwosari RT 3 RW 59 Sinduadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta. Pengerjaan pengaspalan jalan tersebut kemarin sore, Kamis (10/11/2022) sudah beres.

Proyek pengaspalan jalan ini menjadi perbincangan publik. 

“Kabarnya jalan diaspal karena ada cewek sini yang mau menikah dengan anaknya Pak Jokowi. Beritanya santer kok,” kata Agus, pengemudi ojek online yang biasa mangkal di angkringan Jalan Lombok kepada Inilah.com di lokasi pengaspalan jalan pada Kamis (10/11/2022).

“Dengar-dengar itu (pengaspalan jalan) juga bukan pakai dana pribadi yang punya gawe (keluarga mempelai perempuan), tapi dari pemerintah,” ucap Agus.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman, Taufiq Wahyudi, mengakui anggaran pengaspalan Jalan Lombok bersumber dari APBD Sleman. 

“Benar, pakai APBD Sleman,” ujar Taufiq.

Menurut dia, pekerjaan pengaspalan ini juga dilakukan dengan penunjukan (bukan tender) mengingat anggaran di bawah Rp200 juta. 

”Total anggarannya Rp193 juta,” ungkapnya.

Namun, Taufiq mengklaim pekerjaan ini dilakukan bukan semata menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono. Rencana pengaspalan sudah dilakukan sejak lama, karena ada usulan dari warga.

Dia menjelaskan, kampung tempat kediaman calon menantu Presiden Jokowi ini masuk dalam Kawasan Strategis Cepat Tumbuh. 

“Jadi itu masuk kawasan KSCT, pihak desa yang mengusulkan,” ungkapnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, KSCT merupakan kawasan budi daya yang memiliki nilai strategis dan berpotensi untuk cepat tumbuh sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi bagi kawasan di sekitarnya yang relatif masih tertinggal.

“Jadi pengaspalan ini tetap berdasarkan aturan, yakni pengusulan dari masyarakat. Perlakuannya sama,” jelas Taufiq.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun Inilah.com di lokasi setempat, kediaman Erina akan digunakan untuk proses akad nikah, tepatnya di masjid yang berada di sekitar rumah. 

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan pernikahan pada 10 Desember 2022.

Pada hari yang sama dilakukan resepsi pernikahan. Namun lokasi pesta penikahannya dilakukan di Hotel Ambarrukmo dan alternatifnya di Gedung Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta. 

(Sumber: Inilah)