'FIX! Jokowi Endorse Ganjar Pranowo'

[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung sosok pemimpin yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih pada Pilpres 2024. Menurutnya, ada ciri-ciri fisik yang terlihat di wajahnya, diantaranya banyak kerutan dan rambutnya putih semua.

Pengamat politik Adi Prayitno, menilai pernyataan Jokowi tersebut sudah bisa dipastikan orang nomor satu di Indonesia itu meng-endorse Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.

"Fix! 1.000 persen kode keras Jokowi endorse Ganjar," ujar Adi Prayitno di Jakarta, Sabtu, 26 November.

Menurutnya, tidak ada yang bisa membantah Jokowi mau Ganjar maju sebagai capres 2024. Kata dia, gelagat politik Jokowi ini adalah kali kedua secara eksplisit mantan gubernur DKI Jakarta itu memberi dukungan kepada Ganjar.

"Sebelum hari ini, Jokowi juga dukung Ganjar di acara Projo beberapa waktu lalu yang memantik hubungan panas dingin dengan sejumlah elite PDIP," kata direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia itu.

"Di dua kali acara relawan juga, Jokowi gelagat politiknya memang Ganjar," imbuhnya.
Baca Juga

Adi pun memberikan analisisnya terkait alasan Jokowi memberikan dukungan kepada Ganjar. Pertama, Jokowi dan Ganjar sama-sama kader PDIP. Kedua, basis pemilih Jokowi mayoritas juga mengarah ke Ganjar.

"Ketiga, banyak relawan Jokowi ke Ganjar. Ketiga, elektabilitas Ganjar paling tinggi. Sehingga, Jokowi sepertinya percaya betul dengan hasil survei yang berkembang belakangan ini," kata Adi Prayitno.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jokowi mengingatkan para relawan agar memilih pemimpin yang bisa merasakan apa yang dirasakan. Dia berpesan agar memilih pemimpin yang menjaga keberlanjutan pembangunan yang sudah on the track.

"Saya titip hati-hati, pilih pemimpin hati, pilih pemimpin yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat. Pilih nanti di 2024, pemimpin yang ngerti tentang apa yang dirasakan oleh rakyat, setuju? Juga pilih pemimpin, pilih pemimpin yang tau, yang tau apa yang diinginkan oleh rakyat," ujar Jokowi di acara 'Nusantara Bersatu', Jakarta, Sabtu, 26 November.

Jokowi lantas menyebut ciri-ciri yang bisa terlihat dari pemimpin yang memikirkan rakyatnya tersebut. Diantaranya, punya kerutan di wajah dan rambutnya sampai memutih.

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan, dari mukanya tuh keliatan, dari penampilannya itu keliatan, banyak kerutan di wajahnya, karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampe rambutnya putih semua, ada. Ada itu," kata Jokowi.

Bahkan Jokowi sampai dua kali menyebut pemimpin yang memikirkan rakyat wajahnya berkerut dan rambutnya memutih.

"Saya ulang. Jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu keliatan dari penampilannya dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati hati. Lihat juga, liat rambutnya, wah kalau rambutnya putih semuanya, ini mikir rakyat ini," tambahnya.

Sumber: voi