Dikalahkan Maroko, Kota-kota di Belgia Rusuh

[PORTAL-ISLAM.ID] BRUSSEL—Kerusuhan pecah di beberapa kota Belgia setelah kemenangan 2-0 mengejutkan Maroko atas Belgia di Piala Dunia.

Polisi menahan sekitar selusin orang setelah mereka mengerahkan meriam air dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa di Brussel - dan delapan lainnya di kota utara Antwerp.

Dikutip dari The Guardian, puluhan perusuh membalikkan dan membakar mobil, membakar skuter listrik, dan melempari mobil dengan batu bata.

Polisi bergerak setelah satu orang menderita luka di wajah, kata juru bicara polisi Brussel Ilse Van de Keere.

Walikota Brussels Philippe Close mendesak orang untuk menjauh dari pusat kota dan mengatakan pihak berwenang melakukan yang terbaik untuk menjaga ketertiban di jalan-jalan.

Akibat kerusuhan ini, lalu lintas kereta bawah tanah dan trem harus dihentikan atas perintah polisi.

"Mereka bukan penggemar, mereka perusuh. Penggemar Maroko ada di sana untuk merayakannya," kata Close.

Ada juga gangguan di kota Antwerp dan Liege. "Sedih melihat bagaimana beberapa orang menyalahgunakan situasi untuk mengamuk," kata Menteri Dalam Negeri Annelies Verlinden.

Kemenangan Maroko merupakan kejutan besar di Piala Dunia dan dirayakan dengan antusias oleh para penggemar dengan akar imigran Maroko di banyak kota Belgia. Belgia merupakan tempat ribuan imigran asal Maroko.

Diketahui Maroko secara mengejutkan berhasil mengalahkan Belgia 2-0 di penyisihan Grup F di Thumama Stadium, Sabtu malam, 27 November 2022. 

Baca juga :