Acara Relawan Jokowi Nyampah 31 Ton, Netizen: SAMPAH MENGHASILKAN SAMPAH!

[PORTAL-ISLAM.ID]  Acara Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertema “Nusantara Bersatu” di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022), menyisakan sampah yang menumpuk di sekitarnya.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melaporkan hingga pukul 16.00 WIB, sampah yang sudah dibersihkan dan diangkut oleh petugas yang membersihkan di lokasi tersebut seberat 31 ton.

“Berat sampah yang sudah diangkut sekitar 31 ton posisi sekitar jam 16.00 WIB ini dan kemungkinan masih bertambah karena masih giat baik di dalam maupun di luar GBK,” kata Kepala Humas DLH DKI Yogi Ikhwan kepada JawaPos.com, Sabtu (26/11/2022).

Saat ini, Yogi mengatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan 500 orang personil, mobil lintas (pick up) 28 unit, sweeper 14 unit, truk sampah 10 unit, dan truk anorganik 10 unit untuk membersihkan area tersebut.

“Serta 38 unit toilet portable, 2 Unit bis toilet VIP, truk tangki air bersih 2 unit, dan tangki air kotor 3 unit,” ucapnya.

“Kita masih terus berupayakan melakukan pembersihan di dalam dan diluar area GBKZ,” tandasnya.

Saat ditanya mengenai apakah akan ada sanksi terhadap para pelaku pembuang sampah sembarang dalam agenda tersebut, Yogi tak menanggapi pertanyaan JawaPos.

***

Sebelumnya, viral di media sosial sampah-sampah yang berserakan di area GBK. Ada yang berceceran di trotoar bahkan hingga ke jalan-jalan. Diketahui bahwa di area tersebut tengah dilakukan agenda pertemuan relawan Presiden Joko Widodo yang berlangsung sejak tadi pagi.

Sampah sembarangan yang berserakan ini mendapat sumpah serapah dari netizen.

"SAMPAH MENGHASILKAN SAMPAH..!!" kicau akun @m1n4_95.

"Kumpulan orang-orang di GBK ini udah mah catcalling, bikin macet, ninggalin sampah sepanjang jalan dan di mana-mana," cuit akun @lunalooksgood.

"ini acara mengganggu banget ga sih, dah bikin macet, sampahnya rame bener. Sangat berbudaya," sentil akun @tanyarlfes.