Survei Simulasi Capres-Cawapres: Anies-AHY (44,3%) vs Ganjar-Puan (38,9%)

[PORTAL-ISLAM.ID] Elektabilitas Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo terus bersaing ketat dalam elektabilitas capres, bahkan bila disimulasikan dalam pasangan. 

Berdasarkan survei simulasi The Republic Institute, pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki yang bersaing ketat dengan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto.

"Sesuai poros sembilan parpol di parlemen, kemungkinan maksimal ada empat Paslon Capres-Cawapres," ujar Peneliti Utama The Republik Institute, Sufyanto dalam diskusi webminar dengan bertajuk Aspirasi dan Peta Elektabilitas Parpol serta Capres-Cawapres di Enam Provinsi se-Pulau Jawa, Selasa (4/10/2022)

Pada simulasi dua nama, pasangan Anies-AHY unggul atas pasangan Ganjar-Puan.

Anies-AHY meraih dukungan 44,3 persen, Ganjar-Puan 38,9 persen, sementara 16,8 persen belum menentukan pilihan.

Hasil survey mencatat partai pendukung Anies-AHY lebih solid. ”Pertempuran suara ada di Jawa Timur. Yang paling solid pilihan parpol ada di Anies AHY, dari Demokrat bisa 51 persen, dari Nasdem 39 persen, dan dari PKS 38 persen," kata Sufyanto.

Survei The Republic Institute dilaksanakan pada 28 Agustus - 12 September 2022 lewat wawancara tatap muka langsung menggunakan multi stage random sampling, melibatkan sebanyak 1.200 responden dengan margin of error 2,8 persen.(*)

Baca juga :