INDEF: Dampak Ekonomi Formula E Jakarta Mencapai Rp2,6 Triliun

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, sukses menjadi tempat perhelatan seri kesembilan Formula E 2022 di Jakarta.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Rizal Taufikurahman mengatakan bahwa dampak ekonomi dari penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 mencapai Rp2,6 triliun. 

Menurut dia, perhitungan dampak ekonomi itu terdiri dari komponen alokasi belanja modal (capex), belanja operasional (opex), biaya komitmen Formula E, pembelian tiket, transaksi pengunjung UMKM, dan pengeluaran pengunjung.

"Besaran angka tadi akumulasi dari dampak ekonomi langsung memang proporsinya kami dapatkan dari komponen-komponen yang kami sebutkan tadi," kata Rizal di Universitas Al Azhar, Jakarta, Selasa (25/10/2022).

INDEF menyebut baik Formula E di Jakarta maupun MotoGP Mandalika merupakan even yang menguntungkan secara ekonomi dan perlu dirawat.

"Dua-duanya adalah kegiatan event nasional yang mendunia, ini harus dirawat dikembangkan, intinya itu dulu, jangan dikontradiktifkan, ini adalah aktivitas ekonomi yang bisa menumbuhkan sektor wisata yang mestinya kita mendorong ini," tuturnya.

[VIDEO]