WOW.. Di Kementerian Pendidikan juga ada Shadow Organization (organisasi bayangan) dengan 400 anggota yang nampaknya menentukan segalanya... Seperti Satgassus Sambo?

[PORTAL-ISLAM.ID] Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengakui bahwa dirinya mempunyai tim khusus yang dengan 400 anggota. Masing-masing pimpinan atau manager tim memiliki posisi yang setara dengan direktur jenderal (dirjen).

"Kami sekarang memiliki 400 orang product manager, software engineer, dan data scientist yang bekerja sebagai Shadow Organization untuk kementerian. Tim yang beranggotakan 400 orang, bukanlah vendor untuk kementerian. Setiap product manager dan ketua tim posisinya hampir setara dengan direktur jenderal yang beberapa di antaranya hadir di sini," ujar Nadiem dalam acara United Nations Transforming Education Summit di markas besar PBB, New York, Amerika Serikat seperti dikutip dari Instagram resminya @nadiemmakarim, Rabu (22/9/2022).

Menanggapi hal itu, publik menilai Shadow Organization ala Nadiem ini seperti Satgassus pimpinan Sambo di Mabes Polri yang akhirnya dibubarkan.

"Di Kementrian pendidikan ada shadow organization (organisasi bayangan) yang nampaknya menentukan segalanya. Apa organisasi itu? And who really the people in control? Kenapa harus ada organisasi shadow.. lalu Kementrian dan jajarannya jadi apa?" ujar Imam Shamsi Ali di akun twitternya @ShamsiAli2.

"bahaya itu pak ...... shadow organization itu dibuat untuk kepentingan kelompok tertentu/oligarchi untuk memasukkan ide-ide mereka. buktinya RUU sisdiknas yang baru yg berusaha meliberalisasi pendidikan nasional kita shg kemasukan titipan Oligarchi. Orang banyak dirugikan," komen @Mr_jazz15.

"Di polri ada satgassus merah putih dari jaman tito karnavian. Di kemendikbud, ada tanoto foundation dari jaman nadiem makarim. Gak ada visi misi menteri yak, semuanya presiden punya. Eh, namanya mirip sukanto tanoto yang pernah bilang cina ayah kandung dan indonesia ayah angkat," komen @eliswija.

"Kementerian yang paling intelektual pun telah men-sub-kan pekerjaan nya ke shadow institution aka lembaga tak berwujud. Kabayang  produk nya nanti juga akan jadi remang2 dan tidak bisa di pertanggung jawabkan.. karena shadow  ini mudah untuk disappear, dan damaged has done!" komen @iKhalis.

"Dan beliau merasa hebat dengan adanya lembaga seperti satgassus merah putih itu," komen @yaninuang.

Dari info yang didapat portal-islam.id, gaji shadow organization ini sampai 50 Juta.

"Dengan gaji sampai 50jetian itu kata kawan di kemendikbud," ungkap seorang dosen kepada redaksi portal-islam.id, Jumat (23/9/2022).

[VIDEO]