Om Wawat: Mengapa BBM kita mahal? Tanya Pemerintah kenapa begitu dungu?

Mengapa BBM kita mahal? 
Tanya Pemerintah kenapa begitu dungu?

MOPS yang merupakan singkatan dari Mean of Platts Singapore adalah penilaian produk untuk trading minyak di kawasan Asia yang dibuat oleh Platts, anak perusahaan McGraw Hill. 

Istilah MOPS selama ini dikenal di Indonesia dengan Mid Oil Platts Singapore yang dijadikan patokan harga BBM di Indonesia berdasarkan Perpres No. 191 Tahun 2014.

Untuk kawasan Asia terutama di Singapore, Platts bukan satu-satunya lembaga yang melakukan penilaian harga untuk trading produk minyak. Lembaga lain yang melakukan hal yang sama adalah Argus Media. 

Dua lembaga tersebut memiliki metode yang berbeda dalam hal penilaian harga minyak di Singapura. Metode yang berbeda membuat penilaian harga minyak yang diterbitkan 2 lembaga tersebut juga akan berbeda.

Penilaian harga minyak ini memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan minyak maupun investor di bursa keuangan. Manfaat tersebut untuk: long term contracts, spot sales, perencanaan ekonomi terhadap jenis minyak yang dimiliki perusahaan minyak, dan swap contract.

Dengan hanya menggunakan harga MOPS sebagai patokan harga, sudah dapat dipastikan akan terjadi pemborosan mengingat dengan harga MOPS ini sangat memungkinkan untuk diatur harga sesuai dengan keinginan.

Semakin besar perbedaan harga minyak mentah dengan harga produk turunannya (MOPS Gesoline - MOPS Crude) maka semakin besar pemborosan yang terjadi.

Semakin besar selisih harga menyak mentah dengan harga produk turunannya (MOPS Gesoline - MOPS Crude), maka tidak fair bila membandingkan efisiensi Kilang Pertamina terhadap harga MOPS tersebut.

Perlu kiranya merevisi Perpres no 191 thn 2014

(Wawat Kurniawan)