Lebih Dipilih PSSI Ketimbang JIS, Stadion Pakansari Terendam Air Saat Diguyur Hujan Lebat

[PORTAL-ISLAM.ID] PSSI menilai, Stadion JIS belum layak menggelar laga internasional FIFA Matchday buat Timnas Indonesia.

PSSI memasukkan Stadion Pakansari Bogor sebagai ganti JIS.

Menariknya, hanya sehari setelah Stadion Pakansari masuk dalam daftar PSSI untuk memanggungkan timnas Indonesia, arena tersebut menunjukkan "kualitas" sebenarnya.

Kondisi Stadion Pakansari tampak tak ideal untuk pertandingan sepakbola saat laga diguyur hujan deras pada pertandingan antara Rans Nusantara Vs Persik Kediri, Sabtu (10/9/2022).

Hujan deras yang mengguyur kawasan Cibinong, Bogor, Sabtu (10/9/2022) malam, memunculkan titik-titik genangan air di lapangan Stadion Pakansari ketika Rans dan Persik berlaga dalam lanjutan Liga 1.

Pada babak pertama laga Rans Nusantara FC kontra Persik Kediri, lapangan Stadion Pakansari tergenang di sejumlah tempat hingga mengganggu jalannya pertandingan.

Bola tak bisa bergulir sebagaimana mestinya, dan bola tak meneruskan pantulan saat terjatuh dari udara.

Pemain Rans dan Persik terpaksa memindahkan bola dengan mencungkil, teknik yang biasa dipakai untuk menyiasati lapangan tergenang.

Namun, wasit Agus Fauzan Arifin bersikeras tetap melanjutkan pertandingan, meskipun bahasa tubuh pemain terlihat gerah dengan permukaan lapangan.

Dalam suatu momen, pemain mengira wasit menuip peluit untuk menyetop pertandingan, tetapi ternyata ia memanggil tim medis untuk merawat kiper Persik.

Kedua tim praktis menjalani separuh akhir babak pertama dengan memainkan permainan seadanya, dengan wasit memilih melanjutkan permainan hingga turun minum.

Bagaimanapun, situasi di babak pertama menunjukkan kerentanan Stadion Pakansari apabila diguyur hujan deras meski dalam waktu sebentar.

Dalam catatan BolaNas.com, satu pertandingan Liga 1 musim lalu terpaksa dihentikan akibat banjir di Stadion Pakansari, yaitu laga Persiraja Banda Aceh vs Persija Jakarta (2/10/2021).

Catatan buruk Stadion Pakansari tersebut semestinya menjadi bahan pertimbangan PSSI untuk menentukan venue laga timnas Indonesia.

Netizen pun menyindir PSSI yang lebih memilih Stadion Pakansari ketimbang JIS sebagai venue. PSSI dinilai bermain politik dengan mencoret JIS.

Selain itu netizen juga menyatakan kualitas lapangan yang buruk akan disorot oleh dunia sepak bola, termasuk negara tetangga.

Seperti diketahui, PSSI awalnya merencanakan dua pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September dan JIS pada 27 September, namun belakangan stadion JIS dicoret.

PSSI beralasan stadion JIS belum memenuhi standar untuk menggelar pertandingan internasional sekelas FIFA matchday.

Hal ini dibantah oleh Jakpro. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pembangun dan pengelola JIS menegaskan stadion baru tersebut sudah memenuhi syarat sebagai stadion standar FIFA.

*Sumber: