Kenapa Stadion Semegah JIS Tak Bisa Gelar Laga Timnas Indonesia? PSSI Mengklaim Stadion JIS Belum Layak Untuk Menggelar Partai Internasional

[PORTAL-ISLAM.ID]  PSSI menerangkan bahwa Stadion JIS belum layak untuk menggelar partai internasional, kok bisa?

Laga internasional FIFA antara timnas Indonesia dan Curacao batal diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS). Awalnya, kedua tim akan bertemu di sana pada 27 September 2022.

Hanya saja, PSSI telah melakukan inspeksi untuk mengecek kesiapan dari stadion megah di kawasan Jakarta Utara itu. Dan disimpulkan bahwa, JIS belum bisa menjadi venue pertandingan.

Pengecekan dilakukan oleh tim Infrastructure Safety and Security PSSI. Yang menjadi catatan antara lain area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer, yang perimeter menumpuk di barat utara.

Perimeter tribune juga perlu dikaji ulang, karena pagarnya dianggap belum kokoh. Pendukung lain yang dianggap belum siap antara lain kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion.

"Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25% - 50% - 75% - 100% dari perhitungan maximum safety capacity," beber sekjen PSSI, Yunus Nusi, dilansir GOAL, Jumat (9/9/2022).

Gambaran sederhana yang menjadi kekhawatiran adalah, area parkir terlalu minim untuk sebuah stadion dengan kapasitas total maksimal 80.000.

"Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur . Nah kalau kami paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA."

Selain menjadwalkan laga di JIS, PSSI juga menjadwalkan partai melawan Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Laga tersebut akan diselenggarakan pada 24 September.


Tanggapan Netizen kepada PSSI: