[BREAKING] INNALILLAHI... Prof. Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Innalillahi wa Innailaihi Rojiun. Ketua Dewan Pers Prof. Dr. Azyumardi Azra sekaligus Mantan Rektor UIN Jakarta meninggal 30 menit lalu di Malaysia (Ahad, 18 September 2022). Confirmed dari Dubes Indonesia untuk Malaysia Pak Hermono.

Kabar wafatnya Prof. Azyumardi juga disampaikan Ketua MUI Kyai Cholil Nafis.

"Turut mendoakan dan berduka cita atas wafatnya Prof. Dr. Azyumardi Azra. Mudah2-an amal baiknya diterima dan dosa2-nya diampuni oleh Allah SWT. Sungguh kami merasa kehilangan sosok cendekiawan yg membanggakan Indonesia. Alfatihah," ungkap Kyai Cholil Nafis di akun twitternya @cholilnafis baru saja. 

Sebelumnya Prof. Azyumardi Azra kemarin dilaporkan kena serangan jantung dalam penerbangan ke Malaysia.

Azyumardi Azra Kena Serangan Jantung Dalam Penerbangan ke Malaysia

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra terkena serangan jantung dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur, Malaysia, pada Sabtu (17/9/2022).

“(Kena) serangan jantung,” kata Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Azyumardi kemudian sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Hermono juga menyampaikan istri dan anak Azyumardi telah tiba di Malaysia sejak Sabtu.

“Bu Azyumardi dan anaknya sudah di Kuala Lumpur dan mereka yang sudah tengok kemarin ke rumah sakit,” ujar Hermono.

Sebelumnya, Azyumardi mengalami gangguan kesehatan dalam kunjungan kerjanya di Malaysia, Jumat (16/9/2022).

Azyumardi kemudian menjalani perawatan intensif oleh tim dokter di Rumah Sakit Serdang, Selangor.

Berdasarkan keterangan pihak rumah sakit, kata dia, Azyumardi dirawat di ruang zona merah yang lazimnya digunakan untuk perawatan pasien Covid-19.

Azyumardi melawat ke Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz saat ditemui di Rumah Sakit Serdang pada Jumat (16/9/2022) sore mengatakan, Azyumardi akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut.

Beberapa pembicara lainnya berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam. Konferensi itu akan dibuka oleh Ketua Emeritus Institut Internasional Pemikiran Islam (IIIT) Anwar Ibrahim.

Wakil Presiden ABIM Muhammad Shazni yang menjemput Azyumardi di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) mengatakan, pada Jumat pukul 15.33 waktu setempat, setelah pesawat tiba, dia masih sempat berkomunikasi lewat WhatAapp.

Namun, Shazni tidak sempat bertemu karena Ketua Dewan Pers tersebut langsung dibawa ke rumah sakit dengan ambulans.

Profil

Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., CBE. (lahir 4 Maret 1955) adalah akademisi Muslim asal Indonesia. Ia juga dikenal sebagai cendekiawan muslim. Azyumardi terpilih sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1998 dan mengakhirinya pada 2006. Pada tahun 2010, dia memperoleh titel Commander of the Order of British Empire, sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris dan menjadi 'Sir' pertama dari Indonesia. Pada 2022, Azyumardi terpilih menjadi Ketua Dewan Pers periode 2022-2025.

Azyumardi Azra dikenal sebagai Profesor yang ahli sejarah, sosial, dan intelektual Islam.

Azyumardi menikah dengan Ipah Farihah dan dikaruniai 4 anak, yakni Raushanfikri Usada, Firman El-Amny Azra, Muhammad Subhan Azra, dan Emily Sakina Azra.