Anies Baswedan dan Yayasan Jusuf Kalla Gelar Diskusi Tertutup soal Pilpres 2024

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar diskusi tertutup yang membahas situasi politik menjelang Pemilu 2024 bersama Jenggala Center, yayasan yang dekat dengan Wakil Presiden RI ke-12 Jusuf Kalla. Diskusi berlangsung di JS Luwansa, Jakarta Selatan, pada Sabtu siang, 17 September 2022.

Acara diskusi antara Anies dan Jenggala Center berlangsung tertutup mulai pukul 14.00 sampai 16.30 WIB. Para awak media hanya diperkenankan menunggu di luar ruangan hingga acara selesai.

Selesai acara, Anies menemui wartawan dan mengatakan jika mereka lebih banyak berdiskusi soal Jakarta. “Apa yang sudah dikerjakan dan tema-tema yang terkait dengan menghadirkan keadilan social,” katanya.

Anies Baswedan tiba di Hotel JS Luwansa mengenakan kemeja berwarna merah muda. Selesai diskusi, ia terlihat memakai rompi berwarna hijau tua dengan namanya tertulis di dada bagian kanan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu tidak menegaskan bahwa agenda diskusi tersebut sekaligus deklarasi dukungan dari Jenggala Center kepadanya sebagai Capres 2024. Menurut dia, Jenggala Center juga belum mengambil sikap politik untuk Pilpres 2024.

"Belum, saya rasa mereka pun saat ini berkumpul. Tapi setau saya belum mengambil sikap. Jadi kita lihat aja nanti seperti apa," kata Anies.

Dirinya juga enggan menegaskan kembali bahwa dirinya siap menjadi calon RI 1. Menurut Anies, saat ini masih melihat situasi dinamika politik yang berlangsung.

"Saya sebagai orang yang baru selesai, nanti sesudahnya nanti kita lihat apakah kemudian saya berada di wilayah politik atau yang lain, kita lihat besok," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Jenggala Center, Ibnu Munzir, belum memberikan jawaban saat dikonfirmasi apakah pihaknya mendukung Anies Baswedan maju di Pilpres 2024.

Jenggala Center Tim Pemenangan Jokowi-JK

Situs jenggala.org menyebutkan Yayasan Jenggala Center adalah lembaga untuk pemenangan Jusuf Kalla dalam pilpres 2014 yang mengusung Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sebagai Ketua Dewan Kehormatan Jenggala Center adalah Jusuf Kalla, dengan Ketua Dewan Pembina Jenggala Center Iskandar Mandji, dan Ketua Jenggala Center Ibnu Munzir.

Sesuai pernyataan Ketua Jenggala Center, Ibnu Munzir, menyebutkan Jenggala Center Foundation atau Yayasan Jenggala Center lahir dari hiruk-pikuk kerja politik di Tim Jenggala, sebuah tim pemenangan yang menginduk kepada (ketika itu) Cawapres Jusuf Kalla. Bahu-membahu dengan tim-tim pemenangan parpol pengusung pasangan Jokowi-JK, Tim Relawan Jenggala merajut jaringan dan potensi individu yang segaris, menjadi kekuatan nyata, serta mengubahnya menjadi “suara”.