KPK Didesak Lacak Sumber Kekayaan Ferdy Sambo, Tak Ada di LHKPN, Tapi Terbukti Punya 3 Rumah di Jaksel

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk melacak seluruh sumber kekayaan mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo. 

Sebab, hingga kini, sebagai mantan pejabat Polri, Ferdy Sambo enggan melaporkan harta kekayaannya ke KPK sebagai bukti pejabat yang bersih dari korupsi maupun tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Mestinya KPK juga sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap LHKPN untuk rajin melaporkan kepada atasan orang yang tidak mau melaporkan harta kekayaannya. Beberapa hal juga kalau perlu melacak harta kekayaan yang diduga tidak melaporkan LHKPN. Jadi boleh KPK aktif melakukan pelacakan harta kekayaan dari pejabat publik,” kata Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman kepada Inilah.com, Rabu (10/8/2022).

Termasuk, KPK juga harus menelusuri kepemilikan harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan Ferdy Sambo yang diketahui berada di sejumlah tempat antara lain di Duren Tiga Jakarta Selatan, Jalan Hang Lekir Jakarta Selatan, kawasan Kemang Jakarta Selatan, dan di Magelang, Jawa Tengah.

Di sisi lain, Ferdy Sambo juga ditengarai memiliki harta bergerak berupa sejumlah kendaraan mobil maupun sepeda motor yang dipakai untuk dirinya dan keluarganya. Hal ini tak terungkap, sebab Ferdy Sambo tak mencatatkan riwayat kekayaan di LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara).

Tak Ada di LHKPN, Tapi Terbukti Punya 3 Rumah di Jaksel

Irjen Ferdy Sambo sudah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Jenderal Bintang Dua itu terakhir menjabat sebagai Kadiv Propam sebelum dinonaktifkan terkait penembakan yang menewaskan Brigadir J.

Sebagai perwira tinggi Polri, Sambo seharusnya melaporkan harta kekayaannya ke KPK, tetapi hasilnya nihil. KPK menyebut bahwa dokumen laporan kekayaan Sambo belum lengkap.

"KPK telah menerima LHKPN atas nama yang bersangkutan (Ferdy Sambo) untuk tahun pelaporan 2021, namun ada kelengkapan dokumen yang masih harus dilengkapi sehingga belum dapat dipublikasikan di situs e-lhkpn," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding kepada detikcom, ditulis Kamis (11/8/2022).

Meski harta kekayaannya tak bisa dilacak, Ferdy Sambo diketahui memiliki tiga rumah di Jakarta Selatan, salah satu di antaranya merupakan rumah dinas di Duren Tiga yang disebut jadi TKP penembakan Brigadir J.

Rumah dinas Sambo di Duren Tiga yang jadi TKP penembakan Brigadir J kemudian dipasang garis polisi untuk pengamanan dan olah TKP penembakan.

Selanjutnya, Sambo memiliki rumah pribadi di Jalan Saguling, Jakarta Selatan. Lokasi rumah pribadi Sambo dekat dengan rumah dinas di Kompleks Polri Duren Tiga. Rumah pribadi Sambo di Jalan Saguling ini juga sempat didatangi sejumlah anggota Brimob bersenjata lengkap.

Terakhir, Ferdy Sambo juga diketahui memiliki rumah di Jalan Bangka, Kemang, Jakarta Selatan. Rumah Sambo di Kemang digeledah Timsus Polri dan disebut berjalan lancar.

(Sumber: Inilah, Detik)