Anies Baswedan: Doakan Saya Mengakhiri Jabatan Husnul Khatimah

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta doa agar bisa mengakhiri masa jabatannya sebagai orang nomor satu di ibu kota secara husnul khatimah (akhir yang baik). Pernyataan ini disampaikan Anies dalam acara Tabligh Akbar Muharram 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin 22 Agustus 2022.

Tampil sebagai pembuka acara kedua, Anies mengucap alhamdulillah bisa kembali menghadiri acara yang terakhir dihelat pada 2019. “Malam hari ini tabligh akbar bisa kembali diselenggarakan di Jakarta,” kata Anies di depan para Jemaah Majelis Rasulullah di Masjid Istiqlal.

Anies bersyukur kepada Allah SWT bahwa pandemi Covid-19 makin hari makin terkendali. Dia mengaku hal ini bisa terjadi dari ikhtiar lahir dan batin. Majelis Rasulullah SAW katanya dalam masa pandemi selalu menggelar acara di masjid di wilayah Pancoran.

“Alhamdulillah malam hari ini, tabligh akbar Muharram menandai diawalinya tahun baru, Majelis Rasulullah SAW bisa kembali menggelar tabligh akbar ini,” ujar Anies.

Anies mengatakan bahwa Majelis Rasulullah telah menjadi bagian yang penting bagi kehidupan di Jakarta. Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada dewan guru dan seluruh keluarga besar Majelis Rasulullah SAW. “Yang telah bersama-sama menjaga suasana di Jakarta, aman, teduh. Dan telah menjadi penjaga iman, Islam, akhlak bagi umat Islam di Jakarta,” kata dia.

Anies mendoakan agar Majelis Rasulullah SAW makin berkembang, maju dan memberikan manfaat bagi semuanya. Dia mengajak para Jemaah agar menengok ke depan. Dia bilang dimulainya tahun baru harus menjadi rencana baru untuk bisa lebih baik dari tahun lalu. “Insya Allah yang dinamai tabligh akbar Muharram menandai tahun baru yang lebih baik lagi bagi semua. Menandai apa yang kita kerjakan lebih baik dari tahun yang sebelumnya. Dan Insya Allah hal ini menandai kebangkitan bagi umat dan bangsa,” kata Anies.

Dalam dua bulan ke depan masa jabatan Anies sebagai orang nomor satu di ibu kota akan berakhir. “Doakan bisa berakhir husnul khotimah di tempat ini. Dan Insya Allah kita terus bekerja bersama untuk kemajuan, untuk kebaikan bagi semuanya,” tutur dia.

Sebelumnya, pimpinan Majelis Rasulullah SAW Habib Nabiel Al Musawa memberikan apresiasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia mendoakan orang nomor satu di ibu kota itu agar dimudahkan segala hajatnya dalam acara Tabligh Akbar Muharram 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin 22 Agustus 2022.

Nabil mengucapkan doa dalam sambutan awal sebelum membuka acara. “Kepada sahabat saya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Semoga Pak Anies dimudahkan hajatnya,” kata Nabiel yang langsung dijawab aamiin oleh para jamaah yang mengikuti acara.

Anies sendiri hadir di barisan terdepan. Memakai kopiah hitam, baju koko putih, dan sarung motif berwarna hijau. Dia juga memakai rida berwarna hijau, selendang khas biasa dipakai para habib.

Hadir dalam tabligh akbar kali ini beberapa habib asal Timur Tengah. Beberapa di antaranya adalah Habib Ali Zainal Abidin Al Jufry, Habib Ali Zainal Abidin AlJufry, Habib Salim bin Umar bin Hafidz, Habib Musa Kadzim bin Jafar Assegaf, Habib Hamid bin Umar bin Hafidz, dan penyanyi yang biasa menyanyikan shalawat Nabi Muhammad SAW, Musthafa Atef asal Mesir.

Dalam sambutannya Habib Nabiel juga turut mendoakan agar Pilpres 2024 berlangsung damai. “Mudah-mudahan bangsa ini dijaga dari perpecahan. Mudah-mudahan Allah jaga itu semua aamiin,” kata dia.

Hadir juga dalam acara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Imam Mesjid Istiqlal, Nasarudin Umar tak lupa mendoakan agar Indonesia bisa terbebas dari wabah Covid-19. “Semoga bangsa Indonesia terbebas dari krisis yang melanda di dunia akhir-akhir ini,” kata Nasaruddin Umar. (kba)