10 Penemuan Yang Ditemukan Muslim

Tanpa umat Islam, semua yang disebut negara berperadaban tinggi akan terus melalui masa² kegelapannya, kata sejarawan akademis, karena minimnya pengetahuan mereka dalam segala bidang. Bahkan mereka harus mengakui: "Tidak akan ada kebangkitan di Eropa jika bukan karena Islam."

Para penemu Muslim sudah ratusan tahun sebelum Eropa bahkan seluruh dunia. Mereka menemukan berbagai penemuan yang tak terhitung banyaknya serta mengabadikannya dalam banyak buku, baik tentang kedokteran, pembedahan, fisika, kimia, filsafat, astrologi, geometri, dan berbagai bidang lain yang telah membawa perubahan pada dunia tempat kita hidup saat ini.

Berikut saya publishkan 10+ penemuan Muslim:

1. Universitas
Dibalik konsep pendidikan modern, universitas, ada sosok wanita Muslimah kaya yg taat. Beliau adalah Fāṭimah binti Muḥammad al-Fihrī. Lahir pd 800 M di Tunisia. Beliau-lah manusia pertama yg mendirikan sistem universitas spt yg kita kenal skrg di seluruh dunia.

Universitas pertama yg didirikan beliau adalah Al-Qawariyyīn University dalam bentuk Masjid di kota Fez, Maroko pd 857 M.

Pertanyaan: Pernahkah Anda mendengar ttg wanita ini sebelumnya? Jika tidak, Anda skrg mungkin tahu kenpa. Dia adlh seorang Muslimah taat yg mengenakan hijāb.

2. Aljabar & Algoritma

Tanpa keduanya, tidak ada uang, tak ada gedung² tinggi, komputer, internet, sistem pertahanan, berbagai perangkat rumah sakit, dll. Lantas siapa penemunya? Beliau-lah Muḥammad bin Musā Al-Khawārizmī (Algoritma) dgn bukunya Aljabar wal Muqābalah pd 825 M.

3. Rumah sakit

Al-Fustāt adalah rumah sakit pertama di dunia yg menyediakan FASILITAS TERLENGKAP MODERN, yg pertama menyediakan PERAWATAN DAN RUANGAN KHUSUS PENDERITA GANGGUAN KEJIWAAN.

Didirikan di Mesir oleh Ahmad Ibnu Tulun pada 872 M, gubernur Abbasiyah.

4. Jam & Robot 

Ditemukan oleh seorang ilmuan muslim, perancang mekanik, Isma'īl al-Jazarī. 

Al-Jazarī dikenal sebagai "bapak robotika" dan juga "bapak teknik modern".  Beliau-lah org pertama yg membuat robot humanoid yg dapat diprogram pada tahun 1206.

Jam kastil, jam lilin, pompa mekanik, dan jam gajah juga diantara karya beliau.

Pertanyaan sederhana adalah: Pernahkah Anda mendengar tentang pria ini sebelumnya?  Jika tidak, Anda sekarang mungkin tahu alasannya.  Dia adalah seorang Muslim yang bersorban dan berjanggut.

5. Kamera

Kamera pertama kali ditemukan oleh "Bapak Ilmu Optik Modern", Al-Hasan Ibn al-Haitsam yg lahir pada 965 M jauh sebelum Isaac Newton (1642 M). Beliau penemu prinsip lensa cembung dan cekung. Penemuan beliau yg menjadi cikal bakal kamera fotografi masa kini adlh kamera obscura.

Tak bisa dibayangkan jika di tahun 2022  ini tidak ada kamera.

Namun, pertanyaan yg sama muncul, pernahkan Anda mendengar dengan penemu kamera ini sebelumnya? Jika tidak, maka jawabannya mungkin sama.

Ya, beliau seorang ilmuan Muslim yg memakai sorban dan berjanggut juga.

6. Pesawat Terbang

Mungkin tidak asing lagi bagi kamu Wright bersaudara. Padahal ada sosok lain yang menemukan konsep pesawat terbang yang jauh sebelum Wright bersaudara itu. Beliau-lah Ibnu Firnās, seorang ilmuan Muslim dari Andalusia (Spanyol).

Pada tahun 852,Ibnu Firnas melakukan uji coba 'terbang' dari menara Masjid Mezquitadi Cordoba dgn menggunakan semacam sayap dari jubah yg disangga kayu. Sayap itu ternyata membuatnya melayang sebentar di udara dan memperlambat jatuh, akhirnya berhasil mendarat.

Alat ini kemudian dikenal sebagai parasut pertama di dunia.

Pada 857 M, Ibnu Firnās merancang sebuah mesin terbang. Stlh versi finalnya berhasil dibuat, ia sengaja mengundang org² Cordoba untuk menyaksikan penerbangan bersejarahnya di Jabal Al-'Arus di Rusafa, dekat Cordoba.

Penerbangan ini pun terbilang sgt sukses walaupun terjadi kesalahan waktu mendarat.

Namun, pernahkah kau mendengar ttg beliau sebelumnya? Jika tidak, pasti sudah ketebak alasannya. Beliau seorang ilmuan serta peneliti Muslim, hidup di bawah pemerintahan Khalifah Abdurrahman II.

7. Sistem pengadilan Juri (yg juga digunakan Amerika)

Tahukah kamu bahwa sistem pengadilan juri berasal dari yurisprudensi Islam?

Sistem Pengadilan Juri ini sudah muncul sejak abad ke-8 M oleh Madzhab imam Mālik yg dikenal dengan Istilah 'Lafīf'.

Sistem ini menetapkan bahwa menetapkan 12 anggota independen yg harus bersumpah untuk mengatakan yg sebenarnya tentang suatu kasus demi tercapai sebuah keputusan bulat oleh pengadilan.

Kemudian, pada abad ke-12, Henry II dari Inggris juga melembagakan sistem juri 12 orang independen yg bertugas mengungkapkan fakta² kasus dengan karakteristik yg sama dgn sistem 'Lafīf'.

Dia kemungkinan dipengaruhi oleh Thomas Brown, yg sebelumnya bekerja untuk Kerajaan Sisilia.

Kerajaan Sisilia yg berada di Italia selatan ini ditaklukkan oleh mereka yg kemudian dimasukkan pemerintahan dan sistem hukum Islam ke dalamnya.

8. Peta Bola Dunia (Globe)

Peta Bola Dunia (Globe) dibuat pada 1154 M oleh "Father of Modern Geography and Maps", Muhammad Al-Idrīsī. Beliau masih keturunan Rasulullah ﷺ dari jalur Hasan bin Alī r.a, seorang pakar geografi, kartografi, mesirologi, dan pengembara yg tinggal di Sisilia, Italia.

Beliau-lah orang dibalik Bola Peta Dunia yg kita kenal di bangku² sekolah.

Saya akan membuat thread khusus untuk membahas ini di tweet selanjutnya.

9. Bedah Modern

Ditemukan oleh 'Bapak Operasi Bedah Pertama', Abul Qāsim Khalaf bin Abbās Al-Zahrāwī, lahir pd 936 M di Al-Zahra, Cordoba, Andalusia, Spanyol. Karya beliau, "Al Taṣrīf Liman 'Ajaz' An Al-Ta'līf'" menjadi rujukan populer di perguruan tinggi dunia barat.

10. Alat bedah

Seperti sebelumnya, Al-Zahrawi juga menemukan puluhan peralatan bedah yg belum pernah ada pasa masanya. Pd waktu itu, ia menemukan pisau bedah, sendok bedah, pengait, dan masih banyak lagi. Berbagai temuannya tersebut membuat nama Al-Zahrawī sgt populer di Eropa.

11. Kruk As (Poros Engkol)

Spt sebelumnya pd nomor 4, Kruk As juga diantara temuan Insinyur Muslim Irak tersebut, Ismail Al-Jazarī pd abad ke-12. Teknologi ini menjadi cikal bakal mesin² modern. Saya akan mengulas satu tweet khusus mengenai 50 temuan beliau, jgn lupa difollow :)

12. Kimia 

Ditemukan pada abad ke-8, “Bapak Kimia Modern”, Jābir bin Hayyān, dianggap sebagai pendiri dan pelopor farmakologi dan kimia modern.

Bagi orang Eropa, ilmuwan besar ini dikenal sebagai Geber. Beliau menulis antara 300 hingga 1000 karya filsafat dan kimia.

13. Roket

Ada sumber mengatakan sdh ada di abad ke-12 di Cina, namun digunakan sebagai petasan. Tipu Sultan (Sultan Fati Ali) yg dikenal dgn “Harimau dari Mysore” adlh Penguasa Muslim India. Beliau disebut org pertama yg mengembangkan prototipe roket berisi bahan peledak.

Roket ini menjadi yg pertama di dunia yg berhasil dikerahkan dalam penggunaan militer yg membuat Inggris mengalami kekalahan telak di India.

(Sumber: Twitter)