Warga China Ramai-ramai Stop Cicil KPR, Ada Apa Xi Jinping???

Ini menarik, ujian bagi politik dalam negeri Tiongkok....

Selama ini, Beijing selalu kuat dalam provokasi konflik, dan provokasi "demokrasi".

Kalau ini berlanjut, maka tekanan di Amerika serikat tahun 2007, yang jadi crash Wall Street 2008 akan terjadi di Tiongkok...

Dan, kalau Tiongkok kena, efek dominonya bisa kemana-mana.....  

Era #perangDinginMonetaris

(Yanuar Rizky, pengamat ekonomi)

______

Warga China Ramai-ramai Stop Cicil KPR, Ada Apa Xi Jinping?

Sektor properti di China kembali mengalami guncangan. Kali ini, gangguan datang dari terhentinya pembayaran cicilan properti di proyek-proyek yang belum jadi.

Sebuah data dari perusahaan riset China Real Estate Information Corporation (CRIC) menyebut para konsumen telah menghentikan pembayaran untuk unit di setidaknya 100 proyek properti residensial. Proyek itu tersebar di 50 kota seluruh China.

Menurut data lainnya yang diungkapkan perusahaan keuangan Jefferies, terjadi kenaikan yang cukup pesat dari penghentian pembayaran hipotek ini.

"Ini naik dari 28 proyek pada hari Senin dan 58 pada hari Selasa. Nama-nama dalam daftar itu berlipat ganda setiap hari dalam tiga hari terakhir," kata perusahaan itu kepada AFP, Kamis (14/7/2022).

Laporan Jefferies menambahkan penghentian pembayaran ini juga dialami proyek-proyek yang telah mengalami penundaan. Insiden ini diprediksi akan mengurangi sentimen pembeli dan membebani pemulihan penjualan.

"Jika setiap pembeli rumah gagal bayar, pinjaman bermasalah akan meningkat sebesar 388 miliar yuan (Rp 872 triliun)," kata Jefferies.