UAH: Nama Asli Pattimura Adalah Ahmad Lussy, Namanya Diganti Agar Tidak Diingat Generasi Berikutnya

[PORTAL-ISLAM.ID]  Beredar sebuah video Ustaz Adi Hidayat ungkap nama Pattimura adalah Ahmad Lussy.

Dalam potongan video yang diunggah oleh akun twitter @yaniarsim memperlihatkan Ustaz Adi Hidayat ungkap nama Pattimura adalah Ahmad Lussy dalam sebuah acara ceramah.

Ternyata setelah ditelusuri lagi, ceramah di tempat yang sama ada di YouTube yang diunggah oleh kanal bernama Kajian Islam Podcast dengan judul: Ternyata Thomas Matulessy BUKAN Nama Asli Kapitan Pattimura - Ceramah Ust. Adi Hidayat Terbaru.

Video yang di posting pada 3 Juli 2022 pukul 10.34 AM tesebut, 10:34 Ustaz Adi Hidayat mengatakan bahwa nama Pattimura adalah Ahmad Lussy.

Selain memposting cuplikan video Ustaz Adi Hidayat, akun @yaniarsim juga menuliskan, ‘Islamphobia ternyata sudah ada sejak jaman penjajahan. Membelokkan sejarah seorang pejuang muslim Ahmad Lussy dg nama Thomas Matulesy...’.

Ustaz Adi Hidayat megatakan dalam video tersebut, pernah melihat uang seribu, dalam uang seribu ada suatu gambar yang namannya Kapiten Pattimura.

“Siapa nama aslinya?” tanya Ustaz Adi Hidayat.

Salah satu peserta ceramah mengatakan bahwa nama asli Kapiten Pattimuta adalah Thomas Matulessy dan lainnya mengatakan Ahmad Lussy.

“Lihat baik-baik, banyak orang menyebut kemudian Thomas Matulessy, kami kemudian mencari dan menanyakan pakar sejarah. Allahu Akbar, ternyata nama asli Kapiten Pattimua bukanlah Thomas tapi Ahmad, bukan Thomas Matulessy tapi Ahmad Lussy,” terang Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat kemudian meneruskan dan menanyakan kepada peserta siapa yang mempermainkan sejarah sehingga bangsa-bangsa sekarang anak cucunya tidak paham tentang para pejuang bangsanya masa lalu.

“Siapa Ahmad Lussy itu, beliau adalah pejuang, beliau adalah seorang Kyai, beliau adalah seorang pemimpin pesantren. Belian mengarahkan anak-anak santrinya untuk berjuang menegakkan kebenaran di Bumi Pertiwi ini,” tambah Ustaz Adi Hidayat.

“Makanya Ahmad Lussy tiba-tiba berubah menjadi Thomas, Saya mau katakana bahwa kalau dikatakan dengan Thomas, bahwa orang tidak akan ingin bahwa orang ini dekat dengan Allah SWT,” ungkapnya.

Ustaz Adi Hidayat mempertanyakan siapa yang telah mengganti nama asli Kapitan Pattimura menjadi Thomas Matulessy.

Ia tak setuju, lantaran ini menyangkut sejarah seorang pejuang yang sejatinya beragama Islam dan seorang Muslim di bumi pertiwi ini.

Ustaz Adi Hidayat pun menjelaskan, perubahan nama menjadi Thomas mempengaruhi mindset seseorang bahwa sejatinya Kapiten Pattimura adalah sosok yang dikenal dekat dengan Allah SWT.

Tak berhenti sampai di situ, Ustaz Adi Hidayat juga memberi contoh beberapa sosok penting dalam agama Islam seperti Ibnu Sina yang katanya diubah nama menjadi Avicenna.[democrazy]