Tanggapi Penolakan PCNU Gresik Karena Disinyalir Eks HTI, Ini Jawaban Ustadz Hanan Attaki

[PORTAL-ISLAM.ID] GRESIK - Rencana Ustadz Hanan Attaki berceramah dalam Konser Langit di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik yang akan digelar pada 30 Juli 2022 mendatang terancam batal. 

Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Gresik keberatan Hanan Attaki dakwah di masjid itu karena menyinyalir pendakwah milenial itu eks anggota Hitzbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Informasi yang kami terima, memang benar penceramahnya Ustaz Hanan Attaki. Penceramah itu disinyalir eks anggota HTI. Ini bukan men-justice dia eks anggota HTI," kata Sekertaris PCNU Gresik Mohammad Syifaul Fuad dikonfirmasi detikJatim via telepon, Senin (11/7/2022).

Syifa menjelaskan, PCNU tidak bisa memastikan jika Hanan Attaki mantan anggota HTI atau bukan. Sebab, PCNU sendiri tidak tahu struktur organisasi yang kini sudah dilarang itu. Namun, penilaian PCNU terhadap Hanan Attaki disinyalir eks anggota HTI berdasarkan jejak digital yang beredar luas.

"Kalau memastikan mantan anggota HTI atau bukan kami tidak bisa, karena kami tidak tahu strukturnya. Tapi dari jejak digital kan bisa kita lihat. Salah satunya ustaz itu menyebut jika Rasulullah pernah tersesat," kata Syifa.

Untuk itu, kata Syifa, PCNU melalui Lembaga Takmir Masjid Gresik (LTMG) mengirim surat keberatan kegiatan dakwah yang ditujukan kepada Bupati Gresik.

Tanggapan Ustadz Hanan Attaki

Menanggapi adanya "penolakan" dari PCNU Gresik, ustadz Hanan Attaki menyampaikan klariifkasi.

Dalam klarifikasi resmi ustadz Hanan Attaki, yang diunggah dalam channel Youtube Fandy Fauziah Official dengan durasi kurang lebih 10.32 menit pada Jum'at ( 15/7/2022) tersebut, ustadz Hanan Attaki menanggapi adanya penolakan konser langit di Gresik, karena dirinya yang disinyalir merupakan tokoh eks HTI.

"Ini jelas keliru, ini jelas salah, dan bahkan ini cenderung mengarah kepada fitnah, karena ini tidak berdasarkan realitas ataupun fakta," ujar ustadz Hanan Attaki.
Ustadz Hanan melanjutkan, tuduhan jika dirinya itu eks HTI adalah tidak benar. Karena kenyataannya dirinya bukanlah anggota HTI. Menurut Hanan, jangankan menjadi anggota struktur HTI, simpatisannya HTI saja bukan.

"Saya sejak pulang dari Mesir itu tidak tergabung dalam organisasi manapun, selain saya membuat organisasi sendiri dakwah anak muda yaitu Dakwah Pemuda Hijrah. Saya mengambil madzhab Syafii karena saya belajar di Al- Azhar, dan dulu nyantri selama 6 tahun ketika masih di Aceh. Sehingga tidak ada hubungan sama sekali antara saya dengan HTI," tegas ustadz Hanan Attaki.

SIMAK SELENGKAPNYA VIDEO:

Baca juga :