Sebuah Angan akan Aplikasi Jadwal Ceramah Para Ustadz

Sebuah Angan akan Aplikasi Jadwal Ceramah Para Ustadz

Gue sangat berharap ada aplikasi yang bisa dipake untuk mengetahui hari, tanggal dan jam ceramah para kyai/ustad. 

Selama ini, info ceramah ustad biasanya hanya diketahui dari mulut ke mulut, melalui selebaran yang tertempel ditembok masjid atau baliho di perempatan jalan. 

Jaman sudah canggih begini, gue rasa pemberitahuan dengan metode konvensional begitu sudah tidak lagi efektif. 

Bayangkan jika ada aplikasi yang bisa mengingatkan kita kalau ada ceramah UAS di masjid Sunda Kelapa tanggal sekian, jam sekian. Dalam satu hari, aplikasi mengingatkan user kalau ada ceramah UAS, UAH dan ustad Khalid Basalamah di tiga tempat sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Berarti user kayak gue tinggal pilih, ceramah ustad mana yang mau didatangi. 

Ide ini sudah lama bersemayam di kepala. Sudah pula diomongkan kepada beberapa muslim yang punya harta bejibun. Hasilnya cuma manggut-manggut doang, gak ada tindak lanjut. Seharusnya dengan uang yang mereka miliki bisa langsung panggil programmer, buat aplikasinya, launching di app store dan play store. 

Muslim sekuler kayak gue ini banyak diluar sana. Manusia yang bejibun dengan dosa terkadang ingin juga mengikuti pengajian atau kajian dari ustad ternama. Kurang afdhol kalau cuma mendengar ceramah via Youtube doang. 

Ini cuma angan belaka. Semoga ada muslim diluar sana yang bisa mewujudkannya. 

Jumat Berkah, 1 Dzulhijjah 1443

(Ruby Kay)

Baca juga :