Safari Politik PDIP, Puan Terbuka Bertemu AHY

[PORTAL-ISLAM.ID]  Elite PDI Perjuangan (PDIP) akan bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk membahas penjajakan politik menyongsong Pilpres 2024. PDIP disebut akan diwakili Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Safari politik Puan merupakan mandat Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menugaskan putrinya tersebut untuk menjalin silaturahim dengan partai politik.

"Kemungkinan seperti itu terbuka (Puan bertemu AHY)," kata politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Kamis, 14 Juli 2022.

Hendrawan menejalaskan, pihaknya tetap membangun komunikasi politik dengan semua parpol yang ada, termasuk Demokrat. Puan juga diberikan amanat Megawati untuk bertemu semua pimpinan parpol.

"Komunikasi terus dijaga. Komitmen mengedepankan kepentingan bangsa dan negara harus dipelihara, diutamakan," ujar Anggota DPR tersebut.

Dia menegaskan salah satu kekuatan bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan adalah persatuan. Hal ini termasuk persatuan dan kebersamaan partai politik sebagai salah satu elemen penting demokrasi.

"Modal sosial terbesar kita adalah kebersamaan dan persatuan," kata Hendrawan.

Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyampaikan partainya terbuka berkomunikasi dengan parpol lainnya termasuk PDIP.

Kata Herzaky, hingga saat ini, Demokrat tak memiliki hambatan atau kendala apa pun untuk membangun silaturahmi dan komunikasi dengan PDIP.

"Ketum AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) juga sempat bersilaturahmi dan berkomunikasi dengan Mbak Puan (Puan Maharani) selaku Ketua DPR RI dan salah satu Ketua DPP PDIP didampingi oleh Ketua Fraksi PDIP, Utut Adianto, pada 6 Agustus 2020 lalu," kata Herzaky kepada wartawan, Rabu, 13 Juli 2022.

Menurut Herzaky, AHY dan Puan Maharani sama-sama berikhtiar mencari solusi terbaik untuk masyarakat yang terdampak ekonomi dan kesehatannya akibat pandemi COVID-19. 

Apalagi, kata dia, AHY dan Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhy Baskoro Yudhoyono alias Ibas juga sudah bersilaturahmi ke kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Jakarta.

"Seperti yang kerap disampaikan Ketum AHY, membangun bangsa tidak bisa sendirian. Itu mengapa Partai Demokrat selalu aktif menjalankan silaturahmi 360 ke berbagai elemen bangsa, termasuk ke partai-partai politik," kata Herzaky.[viva]