Respons Anies Soal Pembatas Tribun JIS Roboh Saat Grand Launching, Tingginya Antusiasme Jakmania

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal robohnya pagar pembatas tribun penonton saat acara grand launching Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (24/7/2022). Anies menganggap kejadian ini sebagai sebuah pembelajaran.

"Jadi ini bagian dari proses belajar. Yang namanya proses belajar itu bahkan ketemu dengan segala tantangan," ujar Anies di JIS, Jakarta Utara, Minggu (24/7/2022).

Anies bahkan menyamakan kejadian ini dengan tumbuh gigi. Sebab, ada rasa sakit ketika gigi muncul atau growing pain, tapi merupakan bagian dari perkembangan tubuh menjadi lebih dewasa.

"Analoginya ini growing pain, growing pain itu gigih tumbuh kalau gigi tumbuh itu dokter tidak akan bilang itu penyakit tapi proses alami sebuah pertumbuhan," jelasnya.

Karena itu, dengan adanya pertistiwa itu, nantinya BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola JIS akan melakukan evaluasi. Ke depannya segera dilakukan perbaikan agar kejadian serupa tak terulang lagi.

"Ini bagian dari proses alami kita tumbuh bersama digunakan lalu ada feedback ada perbaikan lalu insyaallah nanti akan bisa terpenuhi yang menjadi kebutuhan," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Jakpro menyebut kejadian ini disebabkan oleh tingginya antusiasme suporter Persija Jakarta, The Jak Mania yang hadir ke lokasi. Ia mengaku tak mempermasalahkannya dan akan segera melakukan perbaikan.

"Tentunya kami lihat dulu, kekuatannya kami cek lagi deh semuanya nanti. Luar biasa, saya bilang karena antusiasemnya kita cek lagi. Sekalinya ini merupakan satu yang mesti kita follow up dan evaluasi kondisi tersebut," ujarnya.

Diketahui, pembatas tribun penonton Jakarta International Stadium (JIS) jebol saat acara peluncuran utama atau grand launching stadion, Minggu (24/7/2022). Pagar yang menjadi pembatas antara penonton dengan lapangan roboh.

Pantauan Suara.com, kejadian ini terjadi acara berlangsung tepatnya ketika Dewa19 feat Virzha selaku penampil acara ini menyanyikan lagu Kangen. Penonton memang dari awal acara sudah duduk di bagian pagar tersebut dari awal.

Lama kelamaan, jumlah penonton yang mayoritas beratribut JakMania warna oranye itu semakin banyak yang duduk di pagar itu. Di penghujung lagu, mendadak pagar semakin oleng dan akhirnya roboh.

Terlihat satu orang penonton ikut tersungkur ke bagian bawah lapangan. Tinggi antara lapangan dengan pagar itu diperkirakan mencapai hampir 2 meter.

Sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) langsung sigap menggotong korban yang terjatuh itu. Penonton lain yang melihat kejadian ini ikut kaget dan berteriak.

Setelah kejadian ini, acara masih berlangsung sesuai jadwal.[Suara]